Proses Bertelur Ayam Petelur

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Bagaimana proses bertelur pada ayam petelur ? ( Andik – Boyolali )

Jawab :

Pertanyaan yang bagus bapak.

Jadi begini, Proses pembentukan satu telur ayam memerlukan waktu 24-28 jam. Pembentukan telur dimulai dengan terbentuknya kuning telur di ovarium.

Kemudian ovum (sel telur) yang telah matang pada ovarium dikeluarkan menuju saluran infundibulum, disinilah pembuahan terjadi (bertemunya sperma dan sel telur). Meskipun tidak terjadi pembuahan, proses pembentukan telur tetap berjalan.

Setelah 30 menit, telur (kuning telur) bergerak lebih jauh di sepanjang saluran telur menuju magnum, disini albumen (putih telur) mulai terbentuk.

Setelah sekitar 3 jam, telur bergerak lebih jauh di sepanjang saluran telur menuju Isthmus, telur dibungkus membran kulit dalam dan luar (membran sel) memerlukan waktu 1,5 jam.

Setelah meninggalkan Isthmus, telur masuk ke uterus (rahim) untuk pembentukan kerabang telur, proses ini memerlukan waktu 18-24 jam. Setelah cangkang (kerabang) terbentuk, selanjutnya telur didorong melalui vagina dan keluar dari tubuh ayam melalui kloaka (lubang posterior).

( Baca juga : Bibit Ayam Petelur ini bisa produksi 95 persen, KLIK DI SINI )

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *