Cara Tingkatkan Produksi Telur, Innovasi Baru Telur Bahagia

BERMAIN DENGAN AYAM BAHAGIA
TELORNYA PUN BESAR MERATA

DOKTERUNGGAS.COM – Lima puluh ekor ayam petelor setiap hari bisa bertelor tiga kilogram sekitar 45 butir. Setiap hari. Kok bisa?

Bisa. Karena metode itu sudah diterapkan lama di Kalijeruk Farm di area lereng Gunung Merapi. Wedomartani, Sleman, Yogyakarta.

Gimana caranya?

Pertama, dibuat ayamnya bahagia.

Kedua, nutrisinya diberi tambahan yang membuat mereka bisa bertelor setiap hari.

Ketiga, tiga hari sekali ayamnya diberi camilan rumput yang rumputnya juga ditumbuhkan sendiri di kotak-kotak mini.

Bagaimana membuat ayam bisa bahagia dan ujungnya bisa bertelor stabil dan besarannya rata?

Sederhana saja ternyata.

Pertama, jangan dimasukkan kendang battery.

Kedua, kandangnya kombinasi antara halaman umbaran dengan tempat makan dan bertelor.

Saat makan atau bertelor mereka di dalam kandang tertutup, saat mereka ingin berkeliaran mereka bisa keluar kandang lewat pintu-pintu kecil yang sudah disiapkan.

Jadi, ayamnya sehat, ayamnya tetap bisa berkeliaran dengan bebas, ayamnya bisa happy karena badannya tidak terkekang dalam kandang sempit.

Ke farm Kalijeruk Wedomartani inilah kami mengantarkan Pak Kades muda Desa Gempolpading, Pucuk, Lamongan Gus Miefta Presiden Firdaus belajar beternak ayam petelor dengan metode terbaru.

Untuk apa ke sana? Pak Kades berharap pengetahuan baru ini akan bisa diterapkan nantinya oleh semua warganya yang masih punya pekarangan tidak produktif.

Beternak ayam bukan hal yang asing bagi orang desa. Cuma selama ini caranya masih konvensional. Masih pakai cara-cara dari nenek moyang dulu. Mindset dan Teknik beternak inilah yang hendak diubah. Supaya lahan menjadi lebih produktif sehingga dapat menambah income masing-masing keluarga.

Bukan hanya itu sebenarnya. Pak Kades juga berharap ada double effect dari beternak ayam bahagia ini.

Pertama, pelakunya mendapatkan income harian yang lumayan.

Kedua, keluarga dan anak-anak dari yang memelihara ayam bahagia ini akan terpenuhi kebutuhan nutrisinya karena akan bisa makan telor berprotein tinggi setiap hari.

“Orientasi dana desa akan diarahkan ke pemantapan kedaulatan pangan. Saya harus mencari cara-cara yang lebih inovatif buat warga saya. Yang caranya tidak sulit diterapkan tapi hasilnya bisa sesuai harapan. Yakni, meningkatkan income, meningkatkan gizi keluarga, dan sesuai program pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan masing-masing desa. Agar tidak ada stunting atau gizi buruk lagi di semua desa mana pun, ” ucap Pak Kades.

Beternak ayam bahagia akan menjadi bagian dari edukasi yang penting bagi masyarakat sekitar untuk sektor peternakan. Selain tentu saja nanem melon jumbo berlimpah yang sudah dipraktikkan juga.

Ingin sukses ternak ayam petelur seperti cerita di atas? KLIK DI SINI YA

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *