Lulusan Sarjana Sukses Menjadi Pengusaha Ayam Petelur

DOKTERUNGGAS.COM – Kali ini kami angkat kisah sukses Peternak Ayam yang berasal dari kalangan sarjana.

Sampai saat ini, pengusaha merupakan suatu pekerjaan yang paling menjanjikan. Di samping pergerakan dalam bekerja yang lebih santai dan tanpa adanya tekanan dari pihak luar, menjadi seorang pengusaha tidak membutuhkan latar pendidikan khusus. Artinya, setiap orang bisa menjadi pengusaha asalkan memiliki keinginan dan niat yang kuat. Hal inilah yang mendorong Bapak Nasrullah untuk beralih menjadi seorang pengusaha. Memiliki latar belakang pendidikan sebagai seorang sarjana teknik dan pengalaman kerja sebagai kontraktor, pengajar, dan pegawai di salah satu bank tak menyurutkan niatnya untuk banting stir menjadi seorang pengusaha.

Memiliki usaha peternakan ayam petelur yang berlokasi di Dusun Padmosari 2, Desa Haduyang, Kec. Natar, Lampung Selatan, banyak hal diluar dugaan terjadi dalam usaha ini. Naik turun dalam berwirausaha telah dirasakan Bapak Nasrullah. Namun, hal itu tidak membuatnya menyerah. Beliau justru semakin tertarik dalam mengembangkan usaha. Mengawali usaha pada tahun 2017 dengan bibit awal sebanyak 50 ekor ayam yang dipelihara di belakang rumahnya, saat ini usahanya telah berkembang dengan 1600-2500 ekor ayam dengan produksi telur 80% atau sekitar 1260-1300 butir perhari dengan  rata-rata 50kg perhari. Hal ini membuat Pak Nasrullah tetap terus menekuni usaha ayam petelur ini.

Rutinitas kegiatan yang dilakukan beliau dalam usaha ini adalah memberi makan ayamnya setiap 2 kali sehari, yaitu di pagi dan sore hari. Selain tumbuh kembang ayam, kesehatan ayam juga penting dan perlu diperhatikan. Oleh karena itu, Pak Nasrullah juga rutin memberikan vitamin setiap 2 minggu sekali. Produktivitas ayam dalam menghasilkan telur hanyalah 2,5 tahun. Setelahnya, ayam tersebut disebut ayam afkir dan akan dijual ke broker.

Peluang kesuksesan usaha yang tinggi dinilai oleh Bapak Nasrullah dengan pandangan kebutuhan telur yang masih menjadi komoditas utama keluarga atau masyarakat umum. Hal ini dapat dihitung dengan kebutuhan atau konsumsi rata-rata perkeluarga 1kg per 2 harinya dengan total 4 anggota keluarga sehingga Pak Nasrullah mantap untuk berusaha ayam petelur. Saat ini, usaha ayam petelur bapak Nasrullah masih fokus dalam memenuhi kebutuhan telur masyarakat Desa Haduyang. Akan tetapi, dalam pendistribusiannya usaha telur Pak Nasrullah juga sudah mencapai Bandar Jaya, Lampung Tengah.

Dalam melakukan usaha peternakan ayam petelur, Pak Nasrullah tergabung kedalam komunitas PSBB Wilayah Lampung Selatan yang sumber informasi harga pakan, harga telur, virus dan penyakit serta penanggulangannya. Selain itu, komunitas ini berguna sebagai media bimbingan dalam melakukan usaha ayam petelur. Untuk mendapatkan bibit dan pakan, Pak Nasrullah bekerja sama dengan PT. Ciomas atau Japfa Comfeed yang sudah memiliki rekam jejak hasil produksi yang baik dan berkualitas.

Sebagai seorang entrepreneur, Pak Nasrullah sudah siap akan segala tantangan dan kendala yang akan dihadapi selama perjalanan. Hingga saat ini, sederet tantangan  yang pernah dan sedang dihadapi bapak Nasrullah adalah penolakan akan pendirian kandang atau ternak di pemukiman penduduk, modal yang dikeluarkan dalam budidaya yang tinggi, harga pakan yang terus menerus naik dan harga telur yang tidak stabil. Meskipun kendala yang dihadapi bersifat jangka panjang, hal tersebut tidak membuat Pak Nasrullah menyerah. Sampai saat ini, harapan terbesar beliau adalah mengembangkan usahanya menjadi besar dan mempelopori lingkungan sekitar untuk memulai usaha ayam petelur yang dimulai di belakang rumah.

Ingin Sukses menjadi Pengusaha ayam petelur seperti beliau ? KLIK DI SINI

KONSULTASI GRATIS DENGAN DOKTER HEWAN KAMI :

iphone 035

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0878 0685 4825

WhatssApp : 0878 0685 4825

Semoga Sukses ya !

DOKTERUNGGAS.COM

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *