Cara Membuat Kandang Ayam Petelur Skala Kecil Sederhana

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Mau bertanya Bagaimana cara membuat kandang ayam petelur yang sederhana dan skala kecil ? Karena saya ingin mencoba dari kecil dahulu dan minimal berapa ekor yang ideal ya ? ( Salim Bagas-Semarang )

JAWAB :

Terima kasih bapak, pertanyaan yang sangat bagus sekali. Untuk memulai skala kecil bisa di mulai dari 500 ekor dahulu agar bisa tercapai Break Event Point dan hasil keuntungan bisa maksimal.

Berikut kami jelaskan cara membuat kandang skala kecil yang ideal.

Kadang yang ideal adalah sistem baterai. Sistem baterai merupakan kandang dengan bentuk menyerupai sangkar, berbentuk kotak memanjang dan terdapat sekat pada setiap ukuran tertentu. Untuk kandang petelur sistem baterai peternak dapat membuat dengan bahan yang terbuat dari bambu atau dengan kawat. 

Harga kandang ayam petelur dari bambu relatif lebih murah dibanding dengan dengan kawat. Dikarenakan bahan dari bambu lebih mudah didapatkan dan harganya sangat terjangkau dan bisa mengemat pengeluaran pada peternak ayam petelur. Sedangkan untuk kandang baterai yang terbuat dari kawat memiliki daya tahan yang lebih kuat dapat menjadi barang investasi bagi peternak karena tidak mudah rusak.

Tetapi untuk pembuatan kandang baterai memiliki harga dan biaya yang lebih besar dibanding pembuatan kandang pada umumnya.

Menurut riset tim dokter hewan kami, kandang dari baterai kawat lebih bagus karena tidak menimbulkan jamur jika terkena air, jika kandang bambu bisa jamuran sehingga ayam mudah kena penyakit.
 
Ukuran kandang baterai disetiap kotaknya berkisar 30 – 35 cm (lebar), 45 cm (panjang) dan 60 cm (tinggi). Untuk lantai dasar pada kandang baterai harus dibuat agak miring, hal ini dilakukan agar telur dapat menggelinding dan memberikan kemudahan peternak dalam pegambilan telur.
 
cara membuat kandang ayam petelur skala kecil
Cara pembuatan kandang ayam petelur sistem baterai peternak dapat terlebih dahulu memilih bahan pembuatnya antara bambu atau menggunakan kawat.
Proses pemasukan ayam petelur dalam kandang batrai diusahakan 4-5 minggu sebelum memasuki masa bertelur Sebelum kandang baterai dibuat maka peternak harus terlebih dahulu membangun atap kandang utama yang terdiri atas tiang dan atap.

Hal tersebut dilakukan agar melindungi kandang baterai dari panas terik matahari dan hujan. Untuk lantai pada kandang peternak tidak perlu disemen cukup menggunakan tanah saja, karena tanah lebih kuat dalam proses penyerapan kotoran ayam. Untuk dinding kandang, peternak tidak perlu membuatnya, karena ayam petelur sudah terdapat didalam kandang baterai tersebut.

Susunan Kandang Tipe Baterai  
Semakin berkembangnya teknologi yang semakin maju, maka pembuatan kandang baterai secara bertingkat untuk ayam petelur pun semakin berkembang dan dimungkinkan untuk diterapkan oleh para peternak.
Adapun susunan kandang baterai adalah sebagai berikut : 

Penyusunan Kandang Baterai berguna untuk memudahkan peternak dalam pengambilan telur
Susunan kandang beterai satu tingkat saling bertolak belakang atau berhadapan
Susunan Kandang baterai dua tingkat saling bertolak belakang atau berhadapan
Susunan kandang tiga tingkat saling bertolak belangang berbentuk piramida atau berhadapan berbentuk segitiga terbalik.

Kandang baterai secara vertical
Dalam pembuatan kandang baterai dengan berbagi tingkat tersebut peternak juga harus selalu memperhatikan luas kandang, suhu pada kandang kelembaban udara, pencahayaan dan lain sebagainya.
Ukuran pembuatan kandang ayam petelur sistem baterai
Untuk jumlah tingkat kandang baterai yang dianjurkan oleh para peternak adalah dengan bersusun 2 tingkat atau 3 tingkat saja, hal tersebut dilakukan agar kotoran tidak menumpuk sehingga tidak menimbukan bau yang menyengan serta dapat mengurangi kadar amonia dalam kandang. 

Kekurangan dan kelebihan penggunaan kandang baterai pada budidaya ayam petelur.
Kelebihan
Hemat dalam penggunaan lahan dan kandang
Memberikan kemudahan peternak dalam pemeliharaan
Ayam tidak terlalu banyak mengeluarkan tenaga sehingga produktivitas telur ayam. semakin meningkat .
Siklus udara menjadi lebih bersih karena kotoran lansung jatuh ke lantai .
Menampung ayam petelur dalam jumlah banyak.
Memudahkan peternak dalam pengontrolan penyakit
Pembagian pakan yang lebih merata

Kekurangan
Biaya kandang relatif lebih mahal

Untuk info lebih lanjut mengenai kandang baterai kawat galvanis dan bibit ayam petelur, SILAHKAN KLIK DI SINI

KONSULTASI GRATIS DENGAN TIM DOKTER HEWAN KAMI HUBUNGI :

iphone 035
Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0878 0685 4825

WhatssApp : 0878 0685 4825

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *