Inilah Pengganti Antibiotik Dalam Pakan Ternak

DOKTERUNGGAS.COM – Industri pakan ternak dunia tengah menghadapi masalah isu keamanan pakan, yaitu kandungan antibiotik pakan yang berpengaruh bagi ternak dan manusia yang mengkonsumsi produk ternak, sementara itu permintaan pakan terus meningkat. Untuk mengatasi hal tersebut, bahan-bahan herbal dapat menjadi pilihan yang lebih aman sebagai pengganti antibiotik dalam pakan.

“Bahan herbal dapat berperan sebagai pengganti antibiotik dalam pakan ternak. Keamanan pakan ternak penting untuk diperhatikan agar tercipta keamanan pangan. Indonesia memiliki bahan baku yang melimpah akan bahan pakan herbal tersebut, tapi banyak masyarakat yang belum mampu memformulasikan bahan tambahan pakan yang sesuai dengan kondisi tropis,” jelas Dekan Fakultas Peternakan, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA di Fakultas Peternakan, Jumat (1/4). Dekan mengatakan, isu mengenai feed safety for food security menjadi tema dalam 2016 FIAAP Animal Nutrition Conference yang dihadiri beliau di Bangkok, Thailand, 29 Maret 2016.

Dekan menjelaskan, di Indonesia banyak penelitian mengenai penggunaan bahan herbal sebagai tambahan dalam pakan ternak tetapi belum diproduksi secara komersial. Salah satu kendala yang dihadapi adalah permasalahan sulitnya perizinan. “Pemerintah seharusnya memfasilitasi produk lokal supaya mengglobal,” kata Dekan. Selain itu, diperlukan pula kerja sama antara universitas dengan industri.

Dekan menambahkan, tim peneliti Fakultas Peternakan juga telah mengembangkan Saus Burger Pakan (SBP) yang berbahan baku jerami padi, dedak gandum atau polard, molase, dan larutan mikrobia. Beberapa mata kuliah di Fakultas Peternakan misalnya mata kuliah Manajemen Industri Pakan dan Teknologi dan Fabrikasi Pakan juga telah mengarah ke pembuatan pakan berbahan herbal.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *