Proses Pemotongan Ayam di Rumah Potong Ayam Modern

Dibandingkan pasar tradisional ayam yang berasal dari rumah potong lebih terjamin kebersihannya. Ayam potong dari pabrik atau rumah potong modern melalui proses bersih mulai dari pengangkutan ayam hingga penyembelihan.

Lain dari pemotongan ayam tradisional, pabrik dan rumah pemotong ayam modern harus mengikuti standar kesejahteraan ayam dan halal. Berikut ini prosedur umum yang dilakukan pabrik pemotongan ayam.

1. Ayam hidup

Ayam dimasukkan keranjang plastik diatasconveyor, petugas mengangkat terbalik ayam tersebut dan meletakkannya pada hook gantungan besi. Kotak bekas tempat ayam hidup berjalan ke bagian tempat penyemprotandisinfectant

2. Sembelih

Di pabrik penyembelihan ayam dilakukan dengan mesin pemotong. Penyembelihan dilakukan dengan memotong empat saluran antara lain vena jugularis, arteri karotidea, esofagus, dan trakea. Posisi ayam tetap terbalik untuk menguras darah didalamnya sehingga karkas akan berwarna pucat.

3. Pencabutan bulu

Selanjutnya, ayam direndam dalam air panas dalam suhu 51,3- 51,8 derajat celcius agar pencabutan bulu semakin mudah tanpa merusak kulit. Selanjutnya pencabutan dilakukan menggunakan mesin pencabut otomatis dengan rubber finger.

4. Pengambilan jeroan

Selanjutnya, ayam berpindah ke mesin yang secara otomatis membuka bagian tengah ayam.

Ayam dibawa ke ruang dimana petugas akan menghilangkan bagian jeroan seperti usus, jantung, ati, dan ampela. Masing- masing jeroan tersebut ditaruh dalam peti plastik.

5. Pencucian

Setelah jeroan bersih, dilakukan pencucian luar dan dalam karkas. Bagian dalam karkas disiram menggunakan alat bernama retracting shaft dengan semprotan bertegangan tinggi supaya bersih dalam waktu cepat

6. Pemotongan bagian ayam dan pembekuan

Beberapa bagian ayam seperti sayap, paha, dan dada dipotong sesuai dengan kebutuhan produk. Agar ayam tetap segar, ayam dicelupkan dalam air dingi lalu dipaparkan uang dingin. Produk lalu dikemas dan dibawa ke tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *