Penyakit Korisa Pada Ayam

Pada saat awal produksi, ayam terserang korisa dengan tingkat keparahan 30%. Bagaimana cara mengatasinya? Apakah cukup dengan pemberian antibiotika saja atau perlu dilakukan vaksinasi korisa?

 

Jawab :

Penyakit korisa merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus paragallinarum dan spesifik ditandai dengan keluarnya leleran dari hidung dan berbau busuk (amis,red).

 

 


Keluarnya ingus dari hidung (kiri);
pembengkakan daerah infraorbitalis akibat timbunan eksudat (kanan)

 

Dengan demikian jika terjadi kasus korisa, langkah yang harus diambil :

  • Segera isolasi ayam yang sudah parah

    Memisahkan ayam yang sudah parah (ayam mengalami kebengkakan muka akibat perkejuan pada sinus mata) merupakan langkah awal dalam meminimalkan penyebaran bakteri. Lendir yang dikeluarkan dari ayam yang terinfeksi mengandung bakteri sehingga dapat mencemari air minum.

  • Pemberian antibiotik

    Pilihlah antibiotika dengan aplikasi injeksi serta memiliki kemampuan untuk menembus daerah sinus mata . Pada saat penyuntikan, hendaknya meminimalkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan stres sehingga produksi telur tidak terganggu. Pengobatan dilanjutkan dengan pemberian antibiotik yang diaplikasikan melalui air minum . Selain untuk menuntaskan bakteri penyebab korisa, juga berperan untuk mengatasi adanya infeksi sekunder.

  • Vaksinasi

    Jika ayam sudah membaik, segera lakukan revaksinasi. Hal ini dikarenakan korisa merupakan penyakit yang bersifat carrier sehingga tidak menutup kemungkinan jika ada serangan dari lapangan dan kondisi tubuh tidak fit dapat menyebabkan terjadinya outbreak lagi.

  • Desinfeksi dan sanitasi

    Lakukan semprot kandang maksimal 2 hari sekali dengan Protexol. Peralatan pakan dan minum pun tidak boleh luput dari desinfeksi. Selain itu, perlu dilakukan desinfeksi air minum  untuk meminimalkan jumlah bakteri yang terdapat pada air minum.

  • Pemberian multivitamin

    Lanjutkan dengan pemberian multivitamin seperti Viterpan. Tujuan pemberian multivitamin ini adalah untuk membantu proses kesembuhan (recovery) serta meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh ayam.

  • Yang terakhir, jangan lupakan aspek manajemen serta biosekuriti di dalam kandang serta area sekitar peternakan

 

Jadi saat terjadi serangan korisa, dapat ditangani dengan pemberian antibiotika. Setelah kondisi ayam membaik, segera lakukan revaksinasi korisa.

 

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *