Tips Memilih Bibit Ayam Petelur Yang Baik

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Bagaimana cara memilih bibit ayam petelur yang baik ?

1. Ciri kepala dan muka petelur yang baik terlihat halus, lebar, merah dan cerah. Sedangkan ciri  petelur yang buruk terlihat kasar, kecil, dan pucat.

2. Ciri jengger dan pial petelur yang baik terlihat halus, lembab, lebih lebar dan merah. Sedangkan ciri petelur yang buruk terlihat pucat, keriput (kering), tebal seperti ayam pejantan, mengecil dan kasar.

3. Ciri mata pada petelur yang baik terlihat bercahaya dan cerah, sedangkan petelur yang buruk terlihat malas dan sayu.

4. Ciri tulang pubis (supit udang) pada petelur yang baik terlihat kecil, kenyal, elastis, dan berjauhan (kurang lebih berjarak 3 jari). Sedangkan petelur yang buruk terlihat besar, kaku, dan terletak berdekatan.  

5. Ciri perut pada petelur yang baik terlihat halus, penuh, dan elastis. Sedangkan ciri petelur yang buruk terlihat keras, berlemak dan kontraksi (mengkerut).

6. Ciri kloaka/dubur yang baik terlihat lebar, basah dan pucat, sedangkan petelur yang buruk terlihat kecil, kering, keriput dan kontraksi.

7. Kulit petelur yang baik terlihat tipis, halus dan longgar, sedangkan petelur yang buruk terlihat tebal, melekat pada tubuh, dan di bawah kulit berlemak.

8. Badan petelur yang baik terlihat lebar dan dalam, sedangkan petelur yang buruk terlihat sempit.

9. Bulu petelur yang baik terlihat lengkap, padat dan mengkilap, beda dengan petelur yang buruk terlihat gugur (rontok) dan suram.

10. Kaki petelur yang baik terlihat panjang, cerah dan kokoh, sedangkan petelur yang buruk terlihat kecil dan pucat.

Ingin mendapat bibit berkualitas yang baik seperti di atas ? KLIK DI SINI YA

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *