Bagaimana Cara Mengatasi Ayam Mencret Dokter ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya ingin bertanya Apa penyebab ayam mencret pada ayam petelur dan bagaimana solusinya? Karena Hampir semua total 1.000 ekor berak bercampur air. Terima kasih.

Jawab:

Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Mencret atau diare merupakan kelainan dari bentukan feses atau kotoran ayam, dimana konsentrasi cairan lebih tinggi daripada padatan. Perubahan bentuk, bau dan warna feses ayam merupakan indikasi adanya gangguan pada sistem pencernaan dan kesehatan ayam. Feses ayam yang normal berwarna kehijauan atau kecoklatan, solid/liat, dengan diselimuti bagian putih asam urat pada bagian atas. Penyebab berak bercampur air dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti:

  • Heat stress

Feses yang encer atau diare biasanya merupakan indikasi akibat heat stress (stres akibat suhu lingkungan terlalu tinggi), pada saat kondisi kandang panas kebutuhan air meningkat tajam. Apabila dalam suhu normal perbandingan kebutuhan air : ransum adalah 2 : 1, sedangkan pada kondisi panas dapat mencapai 5 : 1. Ayam secara alami akan menambah konsumsi minumnya untuk menurunkan suhu tubuh. Efek yang dapat ditimbulkan dari hal ini adalah feses menjadi lebih berair.

  • Gangguan nutrisi

Tingginya kadar protein dan garam dalam ransum dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga feses menjadi lebih basah. Kadar garam yang tinggi akan memicu peningkatan konsumsi air sehingga ayam menjadi diare. Demikian halnya dengan kadar protein yang terlalu tinggi, sisa protein yang tidak tercerna dapat menyebabkan timbunan asam urat dalam ginjal yang memicu ayam minum lebih banyak. Selain itu pergantian jenis ransum secara mendadak juga dapat memicu terjadinya stres dan mengganggu pencernaan.

  • Infeksi penyakit

Infeksi penyakit pencernaan yang diakibatkan oleh bakteri, virus, maupun parasit dapat menampakkan adanya gejala diare. Contoh penyakit yang dapat memunculkan gejala diare antara lain Necrotic Enteritis (NE), Colibacillosis, Salmonellosis, kolera dan penyakit viral terutama yang bersifat imunosupresif seperti AI, Gumboro, IB, ND, dll. Sedangkan infeksi parasit cacing, koksidiosis, dan Leucocytozoonosis juga menyebabkan diare. Agar lebih akurat sebaiknya dilakukan pengamatan gejala klinis lain, pembedahan terutama melihat perubahan saluran pencernaan dan bila perlu uji laboratorium untuk mendukung diagnosa.

Dari penyebab perubahan feses tersebut, diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi sesuai penyebabnya.

Berikut beberapa cara penanganan dari diare berdasarkan masing-masing penyebab:

  • Heat stress

Penanganan heat stress dapat dilakukan dengan pengaturan ventilasi yang cukup pada kandang agar ayam tidak terlalu panas terutama saat cuaca terik. Pembukaan tirai untuk menambah kecepatan angin dapat membantu menurunkan suhu dan kelembapan dalam kandang. Pemberian fan/blower juga dapat menjadi pilihan. Pemberian hujan buatan juga dapat membantu menurunkan panas dalam kandang. Selain itu dapat pula ditambahkan vitamin untuk membantu menurunkan tingkat stres ayam.

  • Gangguan nutrisi

Berikan ransum yang sesuai dengan kebutuhan ayam sesuai fasenya. Bila perlu lakukan pemeriksaan kadar nutrisi ransum dan dapat dicocokkan dengan label yang tertera pada karung ransum untuk memastikan kadar zat gizinya sesuai. Jika terdapat pergantian jenis ransum, maka pemberiannya dapat dilakukan secara bertahap yaitu dengan mencampur ransum jenis baru dan ransum jenis lama dengan perbandingan 25% : 75%, kemudian hari berikutnya 50% : 50%, selanjutnya 75% : 25% dan terakhir full 100% ransum jenis yang baru.

  • Infeksi penyakit
  • Penanganan diare yang diakibatkan oleh infeksi penyakit dilakukan dengan pemberian obat sesuai dengan agen penyakit yang menginfeksi. Berikan antibiotik yang tepat sesuai penyakit ayam.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *