Cara ternak Ayam Petelur Bagi Pemula

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya Mau tanya Berapa Modal Minimal untuk Ternak Ayam Petelur Bagi Pemula untuk Modal Kecil dan Skala Rumahan ? Ali-Boyolali

ternak ayam petelur skala kecil

Beternak Ayam Petelur Menguntungkan

Jawab : Salam Pak Ali, Apa Kabar ? Baik kami akan bantu menjawab dan kasih Tips nya. Untuk Skala kecil dapat dimulai untuk proses budidaya ayam petelur.

Fokuskanlah sementara hanya pada fase produksi, sehingga kira-kira dibutuhkan biaya awal berupa:
1. Bangunan kandang lengkap plus peralatan, kira-kira Rp. 50.000,-/ekor x populasi
2. Harga Pullet Ayam siap telur, kira-kira Rp. 65.000,-/ekor x populasi
3. Pakan + vaksin + medicine sampai umur 20 minggu, kira-kira Rp. 7.500,-/ekor

Ke-3 pengeluaran di atas dianggap sebagai “capital injection”.

Selanjutnya, paling lambat umur 20 minggu ayam mulai bertelur 5% dan meningkat terus sesuai dengan proyeksi produksi standar-nya. Sehingga mulai umur 20 mgg tersebut mulai dihitung rupiah pemberian pakan dan rupiah pendapatan jual telur.

Sejak umur 20 minggu sampai umur 80 minggu, ayam dapat bertelur sebanyak 22 kg telur / ekor ayam, dengan mengkonsumsi pakan sekitar 50 kg.

Selama masa pemeliharaan (umur 20 – 80 minggu) akan ada sekian persen ayam yang mati, sehingga saat afkir ayam di akhir masa produksi tidak 100% ayam dapat kita jual kembali. Pendapatan dari hasil penjualan ayam afkir ini akan menjadi pengurang dari nilai awal saat membeli ayam siap telur. Selisih nilai tersebut selanjutnya menjadi “nilai penyusutan pullet”.

Jadi, hasil penjualan ayam afkir sebetulnya bukanlah merupakan tambahan pendapatan melainkan sebagai pengurangan atas modal.

Kunci keberhasilan dalam bisnis ayam petelur adalah efisiensi produktifitas ayam. Siapapun Anda sebagai pemain bisnis ayam petelur tidak akan mampu mengendalikan harga.

Bila produktifitas ayam Anda mampu mencapai 22 kg telur/ekor/siklus, itu artinya potensi genetik dapat Anda peroleh seluruhnya. Dengan Kualitas Genetik atau Bibit yang bagus Maka Akan mendapat Produksi telur yang melimpah dan waktu afkir ayam petelurnya sangat lama.

(Baca Juga : Ternak Sukses Ayam Petelur dengan Mudah, KLIK DI SINI )

Jika Bapak ingin mendapatkan Bibit atau genetik Ayam Petelur yang Bagus Dan Kandang Baterai ,

 Silahkan bisa Konsultasikan Kepada kami, Dan Kami Siap membantu Bapak untuk mewujudkan impian bapak memiliki usaha Ayam Petelur Skala Kecil dan Rumahan terima jadi untuk kandang dan bibitnya. 

 

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0878 0685 4825

WhatssApp : 0878 0685 4825

 

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *