Performa Ayam Turun Akibat Pakan Tanpa AGP ?

DOKTERUNGGAS.COM – Assalamualaikum Dokter, Selamat Menjalankan ibadah Puasa. Sebelumnya saya mau tanya dok, performa ayam saya akhir – akhir ini turun. Apa itu semua di sebabkan karena faktor Pakan tanpa AGP ? Mohon Penjelasannya dok. Sukses untuk DokterUnggas.com. Terima kasih

pakan tanpa AGP

Ilustrasi Doc Ayam

Jawab : Selamat Menjalankan Ibadah Puasa juga bapak.

Penjelasan singkat bahwa AGP ( Antibiotic Growth Promotor) pada imbuhan pakan ternak sudah di larang oleh pemerintah, sebenarnya ini adalah aturan international sudah lama. Bahkan pelarangan AGP di Inggris sudah berlangsung sejak tahun 2000, begitu juga di Kanada dan Amerika. Kita ini termasuk sudah terlambat.

Memang AGP sangat di butuhkan untuk ayam, tapi kita harus memperhatikan ada faktor lain yang mempengaruhi performa ayam. Dan sebaiknya peternak juga tidak langsung menyimpulkan bahwa penyebab utama performa ayam turun adalah akibat penggunaan pakan tanpa AGP. Tidak semua performa turun akibat hal itu, Beberapa kasus di lapangan terjadi justru karena serangan penyakit tertentu maupun stres.

( Baca Juga : Dokter Unggas meluncurkan Probiotik Pengganti AGP, KLIK DI SINI )

Kalau biosecurity di terapkan di kandang dengan baik maka akan meminimalkan masuknya serangan penyakit, sehingga performa ayam juga akan tetap baik.

Performa ayam atau kesuksesan pemeliharaan ayam itu ada 2 filosofi dasar : Pertama, unggas adalah mahluk jujur yang akan merespons dengan sejujurnya terhadap apa yang di lakukan pada tubuhnya.

Kedua, Pemeliharaan unggas itu di tentukan oleh sumber daya manusia.

Jadi tidak bisa di lepaskan antara Biosecurity dan sumber daya manusia. Dan Biarpun menggunakan pakan dengan AGP sekalipun, tanpa di dukung oleh sumber daya manusia dan biosecurity yang baik maka susah untuk mendapatkan performa unggas dengan hasil yang maksimal.

Semoga Bermanfaat. Silahkan Share ya. Terima kasih

Salam !

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *