Apa Boleh Ayam Di Vaksin Saat Kondisi Tubuh Kurang Sehat ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya ingin bertanya, DOC ayam di wilayah saya sering sekali terlambat pengirimannya, kadang sampai 1-2 hari perjalanan. Pada hari ke-3 atau ke-4 yaitu saat ayam datang, ayam langsung divaksin meskipun kondisi tubuhnya sedang tidak fit atau kurang sehat karena lamanya perjalanan. Apakah hal tersebut akan menimbulkan masalah? Kapan waktu yang tepat untuk vaksinasi pertama?

vaksin ayam

Jawab :

Vaksinasi pada ayam berkondisi tidak fit akan menimbulkan masalah. Perlu menjadi pemahaman kita bersama bahwa keberhasilan vaksinasi bukan hanya ditentukan dari kualitas produk yang kita gunakan, melainkan ada beberapa faktor yang turut ambil bagian dalam hal itu, di antaranya adalah:

  • Tata laksana vaksinasi, meliputi cara penanganan dan penyimpanan vaksin, persiapan vaksin dan peralatan sebelum vaksinasi, maupun ketepatan teknik vaksinasinya

  • Program vaksinasi yang diterapkan, termasuk jadwal pelaksanaan vaksinasi

  • Status atau kondisi kesehatan ayam

  • Penerapan program pendukung, seperti tata laksana pemeliharaan yang baik dan biosecurity yang ketat

Faktor yang dapat menyebabkan stres pada anak ayam antara lain transportasi dari penetasan (hatchery) ke kandang, pengaturan suhu pemanas (brooder) yang tidak merata, dan perubahan cuaca secara tiba-tiba. Seperti kondisi yang telah Bapak sebutkan, bahwa sering terjadi keterlambatan kedatangan DOC (terlambat chick-in), tentunya hal ini akan menjadi masalah serius. Apalagi keterlambatan kedatangan DOC hingga 2 hari, hal ini berarti DOC berada dalam kondisi tidak nyaman lebih lama, sehingga stres karena transportasi yang ditimbulkan tentu akan lebih parah.

Oleh karena itu kami menganjurkan vaksinasi pertama dilakukan pada umur 4-5 hari (1-2 hari setelah Bapak melakukan chick-in) agar ayam bisa beradaptasi terlebih dahulu terhadap lingkungan kandang, ransum, dll sehingga kondisi tubuh menjadi prima saat divaksinasi. Pada 2 hari sebelum dan sesudah vaksinasi berikan multivitamin seperti GAVIN E untuk meningkatkan stamina dan mengurangi stres.

Semoga Bermanfaat !

Salam,

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *