Peran Mahasiswa Asing Terhadap Kemajuan Dunia Peternakan dan Kesehatan Hewan Indonesia

DOKTERUNGGAS.COM – Dewasa ini, sudah terjalin dengan baik hubungan antara Universitas dari Luar Negeri dengan Universitas Dalam Negeri. Akan tetapi, apakah membawa dampak atau manfaat terhadap masyarakat dan perkembangan dunia peternakan dan kesehatan hewan ?

Jika melihat kenyataan dan pengalaman kami dulu ketika menjadi mahasiswa, dampak adanya pertukaran pelajar ini sangat luar biasa. Jadi jika banyak yang berfikir tidak bermanfaat, kami beripikir berbeda. Justru manfaatnya besar sekali, karena dengan adanya pertukaran mahasiswa tersebut di harapkan memberikan transfer ilmu kepada Universitas dalam negeri dan masyarakat sekitar. Dengan syarat, mahasiswa dari luar negeri harus lebih maju dari negera Indonesia.

Seperti yang di lakukan Fakultas Kedokteran Hewan UGM ini sangat luar biasa, Mahasiswa dari Universitas di Australia melakukan student exchange di FKH UGM.

sidney-2017-700x350

Mahasiswa Asing di FKH UGM

Sebagai wujud kerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, University of Sydney mengirimkan 3 orang mahasiswa Program Studi Veterinary Medicine untuk mengikuti program student exchange selama 1 bulan di FKH UGM. Kegiatan student exchange dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari 2017 hingga 24 Februari 2017.

Peserta kegiatan ini terdiri dari 3 orang mahasiswa yaitu Samantha Joanne Elliot, Jonathan Ka Houwu, dan Lidya Octaviani Salim. Program kegiatan yang diikuti mahasiswa student exchange diawali cattle reproduction services untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan reproduksi pada sapi potong di peternakan rakyat. Mahasiswa selanjutnya mengikuti kegiatan koasistensi Interna Hewan Kecil dalam bentuk Small Animal Service dan Exotic Examination di Departemen Penyakit Dalam.

Kegiatan lain yang dilaksanakan mahasiswa student exchange diantaranya adalah review outbreak investigation on exotic disease to Australia di Balai Besar Veteriner Wates, dan observasi meat wet market system distribution and  rabies disease control  in Lombok. Kegiatan student exchange ini adalah program kerjasama yang secara rutin dilaksanakan oleh FKH UGM dengan universitas dari berbagai negara. Setiap tahun FKH UGM juga mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti program student exchange di University of Sydney. Program student exchange ini salah satu program internasional FKH UGM dalam mendukung program World Class University Universitas Gadjah Mada.

DI Harapkan bisa bermanfaat kepada dunia Peternakan dan Kesehatan Hewan Di Indonesia.

Salam,

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *