Kapan Ayam Petelur Mulai Di Afkir ?

DOKTERUNGGAS.COM – Berikut kami jelaskan secara rinci, kapan sebaiknya ayam perlu di afkir.

Beberapa ciri ayam yang perlu diafkir adalah memerlihatkan kondisi yang lemas, nafsu makan menurun, badan mulai mengecil, pertumbuhan bulu terganggu, dan jengger pucat atau timbul bintik-bintik.

ayam-afkir

ayam petelur

Setelah melakukan pengafkiran ayam, peternak harus mulai melakukan persiapan untuk penggantian bibit. Pengafkiran ayam yang ideal dilakukan secara serentak, kecuali kasus tertentu, seperti terjadi kematian atau wabah penyakit. Pengafkiran yang serentak dimaksudkan untuk menghindari ketidakefisienan dalam pemeliharaan. Apabila pengafkiran dilakukan tidak serentak, kemungkinan timbul gangguan pada ayam yang masih produktif. Penggantian ayam afkir dilakukan satu atau dua minggu setelah kandang dikosongkan. Selama kosong, kandang dibersihkan untuk persiapan kedatangan bibit yang baru.

Salam !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *