Dari Tukang Parkir Menjadi Peternak Ayam Yang Sukses

DOKTERUNGGAS.COM – Kita tidak akan tahu nasib kita seperti apa, tugas kita hanya bekerja keras dan pantang menyerah dan di sertai doa.

Dewasa ini Masyarakat membutuhkan akses terhadap luasnya informasi demi mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas hidupnya. Inilah yang dirasakan Wahid, seorang pemuda asal Pamekasan, Jawa Timur yang berhasil mengangkat ekonomi keluarganya. Ia menjelma dari seorang  tukang parkir menjadi peternak ayam sukses di daerah setelah mengakses perpustakaan.

kisah-sukses-peternak-ayam

Pamekasan masuk ke dalam daftar 98 kabupaten di Indonesia yang mendapat bantuan program Perpustakaan Seru (PerpuSeru) dari Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI). Wahid kebetulan bekerja sebagai juru parkir di salah satu perpustakaan yang menjadi mitra PerpuSeru di Pamekasan.

Ia kemudian tertarik untuk mengembangkan keterampilan diri dengan mengikuti pelatihan komputer dan internet gratis di perpustakaan tempatnya bekerja. PerpuSeru merupakan program pengembangan perpustakaan di Indonesia sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Wahid tertarik mempunyai usaha beternak ayam bangkok di rumahnya. Pria dengan perawakan sederhana ini didampingi seorang pustakawan mulai menggunakan layanan internet gratis di perpustakaan untuk mencari informasi cara beternak ayam yang benar dan mengatasi ayam sakit.

“Awalnya saya hanya punya tiga ekor ayam, dua betina dan satu jantan. Sekarang saya sudah punya 500 ekor ayam,” katanya;
Pria yang sudah berkeluarga ini kemudian menerapkan informasi yang diperolehnya dari internet perpustakaan. Dari hasil ternak ayamnya, Wahid kini mendapat penghasilan bersih sekitar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

Dari bisnis ayam, kemudian beliau putar uangnya untuk ekspansi ke bisnis catering dengan pendapatan rata-rata Rp 8 juta hingga Rp 9 juta per bulan. Dan bisnis ayam nya juga semakin berkembang.

Bukan masalah besar kecilnya pendapatan dan populasi ayam, yang terpenting adalah kita mau belajar untuk mengembangkan diri dan tidak putus asa ketika gagal, gagal bangkit lagi begitu seterusnya… sampai jatah gagal kita habis.

Bisnis yang baik itu yang penting jalan dan berkembang , bisnis yang jalan di tempat adalah bisnis yang mati.

Sudahkah bisnis anda jalan dan berkembang?
atau jangan2 bisnisnya hanya jalan di tempat?

Semoga menginspirasi !

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *