Anda Ingin Bisnis Peternakan Unggas? Pahami Dulu Resiko Bisnisnya !

DOKTERUNGGAS.COM – Saat memulai bisnis sendiri, Anda tentu akan merasa bersemangat. Ide-ide yang tadinya hanya ada di kepala, akhirnya bisa Anda wujudkan.

Memulai bisnis sendiri tampak penuh dengan kesempatan bagus, inovasi, dan memiliki potensi tinggi. Namun pada saat yang bersamaan, memulai bisnis sendiri juga dibayangi-bayangi oleh risiko.

Karena itulah, sebelum memulai bisnis sendiri, jangan hanya mempersiapkan diri sendiri untuk meraih keuntungan atau keberhasilan semata. Anda juga perlu mengidentifikasi risiko yang mungkin akan terjadi.

Berikut ini adalah 5 (lima) risiko yang perlu Anda perhatikan saat memulai bisnis sendiri:
1. Risiko Produk
Tentukan apa yang akan Anda jual, apakah berupa barang atau jasa. Menjelaskan apa produk yang Anda jual memang mudah, tapi untuk memulai bisnis sendiri Anda harus menjelaskan lebih dari itu.
Mengapa produk Anda penting? Apa yang membedakannya dengan produk lain? Masalah apa yang diselesaikan dengan kehadiran produk itu?
Risiko ini sebenarnya bisa Anda kontrol. Anda hanya perlu memastikan bahwa produk ini melayani pasar yang cukup besar dan memiliki peluang bagus dalam pasar tersebut. Anda pun sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dulu untuk memastikan bahwa produk Anda memiliki daya jual dan daya saing.

2. Risiko Pasar
Ketahui lebih dulu siapa target konsumen Anda dan mengapa, bagaimana, serta di mana mereka membeli produk yang akan Anda jual itu.
Gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai siapa target konsumen Anda dan apa kebiasaan mereka. Cari tahu bagaimana Anda bisa memasuki pasar tersebut, apalagi di tengah kompetisi dari produk serupa yang sudah ada di pasaran.

3. Risiko Finansial
Keuangan juga bisa menjadi risiko yang membahayakan bagi wirausahawan baru. Banyak dari mereka gagal menjalankan bisnis karena tidak memiliki rencana keuangan yang matang.
Pastikan Anda memiliki rencana bisnis yang lengkap, termasuk di antaranya modal, bujet promosi, hingga target pendapatan. Kemudian kalkulasikan juga seandainya Anda tidak mencapai target yang diinginkan.

4. Risiko Tim
Dalam sebuah bisnis baru, selalu ada kemungkinan perpecahan dalam tim atau bisa juga tim yang kurang mendukung jalannya bisnis.
Agar bisnis bisa berjalan lancar, Anda harus bisa memastikan kedekatan tim, apalagi dalam bisnis baru biasanya tidak memiliki anggota tim yang banyak.
Kembangkan pula komunikasi terbuka, dimana para anggota tim bisa saling memberikan ide untuk mengembangkan bisnis.

5. Risiko eksekusi
Banyak pula pengusaha baru yang bisa membayangkan mengenai bisnis mereka, namun gagal dalam meng-eksekusi.
Agar eksekusi bisa sesuai dengan bayangan Anda, maka perhatian pada detail pekerjaan bisa menjadi salah satu solusi.
Sebagai seorang pengusaha, Anda harus bisa menyeimbangkan diri antara menjadi micro-manager dan seorang pengatur strategi yang melihat semuanya dari jauh.
Saat menjadi entrepreneur atau pengusaha, akan ada risiko yang bisa Anda kontrol dan ada pula yang tidak. Satu hal yang pasti, Anda harus mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai risiko tersebut.

Semoga Sukses ya

Salam,

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *