Vitamin Pada Ayam

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Apa benar vitamin mempunyai sifat tidak stabil, dan bagaimana jika kita memberikan ransum dengan kandungan vitamin berlebih?

Jawab:

Ya benar, vitamin merupakan komponen nutrisi yang bersifat tidak stabil terhadap cahaya, kelembaban, suhu maupun suasana asam dan basa (Tabel 1). Selain itu, stabilitas sebagian besar vitamin juga dipengaruhi oleh jangka waktu penyimpanan ransum. Karena vitamin sangat penting dalam proses metabolisme tubuh ayam namun mempunyai sifat tidak stabil, maka suplementasi vitamin dalam ransum ayam perlu dilakukan.

Mengenai pemberian vitamin dengan kadar berlebih tidak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap produktivitas ayam. Alasannya karena rentang dosis vitamin relatif cukup besar dan kelebihan vitamin akan dibuang oleh tubuh. Hanya saja untuk vitamin larut lemak (vitamin A, D, E dan K) jika diberikan berlebih dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu kerja hati, karena kelebihan vitamin ini disimpan di dalam hati. Selain itu kelebihan vitamin D juga dapat mengakibatkan gangguan deposisi kalsium pada tulang.

KT-tabel1

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *