KABAR GEMBIRA !! Inilah Hasil Rapat Mendag Dengan Bulog Dan Peternak Soal Harga Jagung

harga jagung langkaDOKTERUNGGAS.COM – Menteri Perdagangan, Thomas Lembong mengajak Bulog dan Peternak Ayam rapat di Kantor Kementerian Perdagangan tadi malam. Rapat malam itu membahas tingginya harga jagung yang merpakan komponen utama pakan ternak ayam. Apa hasilnya?

“Tadi malam sudah ada keputusan dari Kemendag, peternak bisa dapat jagung dari Bulog mulai Senin di kisaran harga Rp 3.500-3.750/kg,” ungkap Ketua Umum Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (PINSAR-Indonesia) Singgih Januratmoko saat dihubungi detikFinance, Sabtu (30/1/2016).

Bulog, kata Singgih bakal menyalurkan stok jagung impor yang selama ini tertahan lantaran tidak mendapat rekomendasi dari Kementerian Pertanian.

Perlu diketahui, sebelumnya Kementerian Pertanian (Kementan) menahan 353.000 ton jagung impor di pelabuhan. Sesuai Peraturan Menteri Pertanian Nomor 57 Tahun 2015 (Permentan 57/2015), impor jagung untuk pakan ternak harus mendapatkan rekomendasi dari Kementan.

Singgih menambahkan, Bulog akan membeli pasokan jagung impor yang ditahan oleh Kementerian Pertanian kemudian akan dijual kembali dengan harga di kisaran Rp 3.500-3.750/kg.

“Bulog beli jagung yang kemarin ditahan, nanti semua dibagikan dan dijual ke peternak kisaran harga 3.500-3.750/kg,” tambah Singgih.

Harga Jagung saat ini memang terpantau tinggi. Terpantau harga jagung mengalami kenaikan dari yang sebelumnya Rp 3.000/kg menjadi Rp 5.800-Rp 6.000/kg.

(Baca Juga : Pakan Ayam Broiler dan Pakan Ayam Petelur dengan Harga Terjangkau Di Sini,

KLIK DI SINI)

Naiknya harga jagung ini terjadi karena seretnya panen jagung lokal, serta larangan impor penggunaan jagung yang diimpor pabrikan pakan sejak Desember 2015 oleh Kementerian Pertanian.

Sebelumnya menurut Ketua Dewan Pembina PINSAR-Indonesia, Hartono, tingginya harga jagung yang digunakan untuk pakan ternak ayam menyebabkan harga ayam dari pemasok ikut tinggi. “Harga mahal karena harga jagung yg biasanya Rp 3.000/kg naik menjadi Rp 5.800-Rp 6.000/kg dan langka dan kualitasnya kurang bagus,” kata Hartono.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *