Bahan Atap Untuk Kandang Ayam

KONSULTASI BAHAN ATAP KANDANG

DOkter, bahan apa yang baik digunakan untuk atap kandang ayam?

Jawab :

Atap kandang bisa dibuat dari bermacam bahan tergantung kondisi wilayah peternakan. Untuk memberikan kenyaman bagi ayam, maka sebaiknya Ibu membuat atap kandang dari bahan yang tidak menyerap panas matahari, contohnya rumbia, genting atau asbes. Bahan atap genting misalnya, memiliki beberapa kelebihan antara lain tidak mudah bocor, tahan lama, daya refleksi terhadap panas matahari cukup bagus dan tidak menjadi sarang tikus (jika dibandingkan dengan penggunaan atap dari rumbia).

Bahan penutup atap kandang sebaiknya tidak menggunakan seng, karena seng bisa menyerap panas dan memiliki kemampuan melepaskan panas. Jika Ibu sudah terlanjur menggunakan atap seng, maka di bawahnya sebaiknya dilapisi dengan bahan-bahan yang bisa membantu menyerap panas seperti bambu atau kayu. Bambu dan kayu merupakan bahan insulator yang berfungsi menekan temparatur panas, terutama di daerah dataran rendah dan ketika musim kemarau.

Masih terkait dengan atap kandang, selain bahan atap, Ibu juga perlu memperhatikan kemiringan dan bentuk atap untuk menunjang sistem ventilasi sehingga ayam merasa nyaman. Kemiringan atap yang baik ialah membentuk sudut 30-40 derajat. Hal ini untuk mengurangi besarnya radiasi panas dibawah atap. Disamping itu, sudut atap yang besar dapat mengurangi sudut yang tegak lurus terhadap pancaran sinar matahari (Setiawan, 2010). Sedangkan bentuk atap bisa dibuat ganda dengan lubang angin yang disebut dengan atap sistem monitor. Tujuannya agar pertukaran udara di dalam kandang lebih terjaga.

Salam !
www.DokterUnggas.com
@InfoPeternakan

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *