Cara Sukses Ternak Ayam Petelur Dari DOC Sampai Pullet Dengan Mudah

DOKTERUNGGAS.COM– Dokter, Bagaimana cara ternak ayam petelur dari DOC sampai pullet ? ( Budi-Jakarta )

Jawab :

Fase perkembangan dari DOC hingga pullet

Puncak produksi, kestabilan produksi, lamanya produksi, ukuran telur hingga kualitas kerabang dapat dilihat dari bagaimana manajemen pemeliharaan DOC dan pullet sebelum fase bertelur. Dimana untuk mencapai hal itu, peternak perlu melewati tahap-tahap penting pemeliharaan DOC dan pullet yang mempunyai pengaruh langsung terhadap produktivitas masa depan dan profitabilitas agribisnis peternakan tersebut.
Ketika DOC baru tiba di kandang, maka pakan dan air harus tersedia agar DOC dapat segera mengonsumsinya. Sementara itu, suhu juga perlu diatur dengan tepat agar tercipta kenyamanan pada anak ayam. Sumber panas tambahan saat masa brooding, dapat berasal dari gas brooder unggas atau arang/briket.
Tujuan utama selama masa brooding adalah untuk proses pertumbuhan yang pesat hingga mencapai target bobot badan pada umur 5 minggu, keseragaman yang baik sejak awal dan mempertahankan excellent livability. Dari DOC hingga pindah kandang, ayam akan tumbuh cepat, dan perkembangan organ terjadi pada berbagai umur. Kurangnya pertumbuhan pada salah satu tahap pertumbuhan dapat berdampak buruk pada kualitas pullet saat umur 17 minggu. Setiap keterlambatan pertumbuhan pada umur 4-5 minggu, akan tercermin pada penurunan bobot badan pada umur 16 minggu dan kemudian pada performa produksi, terutama pada rata-rata berat telur.
Perlu diketahui bahwa dua ekor pullet dengan bobot badan yang sama belum tentu mengembangkan komposisi tubuh yang sama, semua bergantung pada kurva pertumbuhannya. Kurva pertumbuhan yang baik menghasilkan perkembangan pullet yang baik. Pertumbuhan dan perkembangan ayam petelur dibagi dalam beberapa tahapan. Pertama, 3 minggu awal, dikhususkan untuk perkembangan pesat organ saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Kemudian tahap, dari minggu ke 3 hingga minggu ke 6, kerangka dan otot berkembang pesat. Bobot badan pada umur 5 atau 6 minggu merupakan penentu kualitas ayam dara yang paling penting. Keterlambatan pertumbuhan apapun pada tahap ini berbahaya bagi ayam karena akan berdampak buruk pada kualitas ayam dara dan komposisi tubuh, yang pada akhirnya akan berdampak negatif terhadap performa ayam.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *