Cara Membuat Kandang Ayam Petelur

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Bagaimana membuat kandang ayam petelur dengan mudah ? ( Solikin-Boyolali)

Jawab :

  • Bahan membuat kandang

Untuk bahan-bahanya bisa menggunakan bilahan bambu, kayu reng, atau kawat.

  • ukuran kandang

Maraknya peternak ayam petelur, juga membuka peluang usaha pembuatan kandang ayam petelur, berikut ini adalah ukuran kandang ayam yang dapat dijadikan acuan bagi anda yang ingin membuat kandang ayam petelur.

ukuran-ukuran kandang ini adalah biasa digunakan oleh para peternak yang sudah lama menggeluti usaha ternak ayam petelur, Bahkan sebagian dari mereka membuatnya untuk dijual guna menambah penghasilan.

Pilih salah satu ukuran yang cocok menurut anda, dan jangan lupa jarak antara bilahan bambu atau kayu dibuat sekitar 5-7 cm, agar kepala ayam bisa masuk dan sirkulasi udara lancar.

Ukuran standar kandang baterai

1. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm, ukuran tersebut bisa disekat menjadi 4 pintu, dengan masing-masing sekat diisi 2 ekor ayam, jadi kandang ini dapat menampung 8 ekor ayam dengan posisi kepala berada didalam.

2. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm, ukuaran tersebut modelnya sama dengan nomer (1), dapat menampung 8 ekor ayam tapi dengan posisi kepala berada diluar.

3. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 42 cm x tinggi belakang 37 cm, ukuran ini sama dengan ukuran nomer (1) hanya saja model ini disekat menjadi 6 pintu dan setiap satu pintu diisi satu ekor ayam, sehingga hanya bisa menampung 6 ekor ayam.

4. Panjang 120 cm x lebar 35 cm x tinggi depan 35 cm x tinggi belakang 28 cm, ukuran ini modelnya sama dengan nomer (3) tapi versi minimalis, dan dapat menampung 6 ekor ayam.

  • Tempat makan dan minum

Tempelkan tempat makan dan minumnya dibagian depan kandang, dan untuk tempat makannya taruh dibawah tempat minum, karena apabila tempat makanya yang diatas, sisa-sisa makanan yang jatuh akan mengotori air minumnya.

Untuk bahan tempat makan dan minumnya bisa menggunakan pipa paralon atau kayu yang dibuat panjang sesuai ukuran kandang.

  • Lokasi penempatan kandang

Lokasi penempatan kandang juga perlu diperhatikan, yaitu lokasi harus jauh dari pemukiman, lokasi harus selalu kering, lantai biarkan dari tanah agar kandungan air dari kotoran bisa meresap.

Buatlah kandang tanpa dinding agar bau serta zat-zat amoniak dari kotoran ayam dapat tertiup angin.

Untuk kandang model baterai dapat dibuat bersusun atau bertingkat maksimal 3-4 tingkat, namun susunanya jangan dibuat vertikal, tapi kandang yang atasnya disusun lebih kebelakang agar kotorannya tidak jatuh kekandang yang dibawahnya.

Itulah cara membuat kandang beserta ukuran standar yang sering digunakan para peternak ayam petelur, semoga bisa dimengerti dan dapat dipraktekkan.

Semoga bermanfaat ya

Mari Belajar Beternak, TERIMA KASIH.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *