Cara Meningkatkan Berat Badan Ayam Petelur

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Bagaimana cara meningkatkan berat badan ayam petelur ? ( Andik- Lamongan)

Jawab :

Ada beberapa hal yang cukup bapak lakukan berikut ini:

  • Berikan tambahan porsi/jumlah ransum layer harian. Jika nafsu makan ayam di siang hari kurang bagus, beri jam tambahan makan malam hari (midnight feeding) pukul 24.00-02.00
  • Beri suplementasi vitamin
  • Beri tambahan pencahayaan di malam hari, maksimal 4 jam
  • Lakukan bedah ayam untuk mengecek kondisi organ reproduksi ayam, terutama kondisi ovariumnya.
  • Cek jumlah dan kualitas ransum layer yang selama ini diberikan. Pastikan ransum tidak berjamur.

Untuk ke depannya agar hal ini tidak terjadi lagi, Bapak harus memastikan kualitas pullet baik yaitu bobot badannya sudah berhasil mencapai standar sebelum ayam masuk masa bertelur.

Agar pemberian ransum pada masa pullet terpantau baik perlu dilakukan:

  • Kontrol bobot badan secara rutin
  1. Timbang ayam sebanyak 10% dari populasi atau sekitar 60-100 ekor. Penimbangan dilakukan per individu ayam (kecuali umur < 3 minggu dapat secara berkelompok)
  2. Penimbangan dilakukan setiap minggu (umur 0 – 18 minggu) dan 2 minggu sekali (> 18 minggu-puncak produksi), dan sebulan sekali (setelah puncak produksi)
  3. Waktu penimbangan dilakukan saat tembolok ayam kosong (pagi hari) dan di hari yang sama setiap minggunya

Jika ada ayam dengan bobot rendah (kurang dari 10% di bawah standar), tambahkan beberapa gram ransum harian ayam. Sedangkan jika bobot ayam lebih dari 10% di atas standar, jumlah ransum dikurangi beberapa gram, maksimal 15% dari jumlah konsumsi ransum harian. Lakukan beberapa hari hingga berat badan sesuai standar. Namun teknik pembatasan ransum ini mesti dilakukan dengan cermat dan teliti. Hal-hal seperti peningkatan risiko kematian, kanibalisme dan pertumbuhan tidak merata harus tetap diperhitungkan. Jika tidak maka teknik ini justru menimbulkan kerugian.

  • Hitung keseragaman ayam

Keseragaman bobot badan ayam yang baik adalah ≥80%. Semakin seragam semakin baik karena dengan begitu penentuan waktu pencahayaan, penambahan pakan, dan pencapaian awal produksi dapat berlangsung serentak pada populasi. Nilai toleransi dari keseragaman ini adalah ± 10% dari bobot standar. Sehingga ayam di luar range tersebut dianggap tidak seragam. Misalnya standar bobot 1000 gram, jadi ayam yang masuk dalam range seragam adalah ayam dengan bobot 900 gram sampai dengan 1100 gram.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

sumber : info medion

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *