Dokter, Apa Penyebab Telur Lembek ?

DOKTERUNGGAS.COM Assalamualikum Dokter, Apa penyebab telur bebek, telur ayam dan telur puyuh menjadi lembek ? ( Bapak Rifki-Sukabumi )

Jawab : 

Pertanyaan yang sangat bagus bapak, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab telur menjadi lembek. Berikut akan kami ulas sekaligus cara pencegahan dan solusinya. Faktor tersebut antara lain :

penyebab telur lembek1. Kekurangan kalsium atau vitamin D
Kerabang telur yang baik sebagian besar (40-60 %) tersusun atas kalsium. Selama bertelur, ayam membutuhkan kalsium (Ca) sampai 20 kali dari kebutuhan normal. Lama oviduk tidak cukup tersedia Ca, sehingga saat pembentukan kerabang telur sebagian besar diserap dari Ca bebas yang terdapat dalam plasma darah. Jika sediaan Ca di dalam tubuh ayam tidak tercukupi, maka pembentukan kerabang telur dapat terganggu. Akibatnya kerabang telur lembek.

2. Suhu/cuaca panas
 Cuaca panas menyebabkan konsumsi ransum turun sehingga ayam tidak memperoleh nutrisi dengan cukup. Selama cuaca panas, ayam akan mulai panting (megap-megap) sehingga mengeluarkan banyak karbondioksida (CO2). Pda pembentukan telur COdiperlukan untuk membentuk kalsium karbonat (CaCO3) yang berguna untuk menyusun kerabang telur. Akibatnya kerabang akan lebih tipis dan mudah retak.

3. Infeksi penyakit
Penyakit yang dapat menyebabakan kerabnag telur lembek adalah AI, ND, EDS dan IB. Penyakit AI dan EDS dapat menyebabkan telur tidak memeliki kerabnag, pada kasus ND kualitas kerabang telur menjadi tidak normal (kasar, tipis, atau lembek)

4.Bunyi gaduh atau perlakuan yang kasar dapat menyebabkan ayam kaget/stress.

Stress tersebut dapat menyebabkan proses pembentukan kerabang telur tidak berlangsung secara sempurna. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga agar ayam setenang mungkin selama masa bertelur.

PENCEGAHAN

 1. Untuk mengatasi kekurangan kalsium, dapat ditambahkan grit (tepung kulit kerang) dalam ransum. Grit merupakan sumber kalsium yang baik. Selama masa grower, grit diberikan sebanyak 0,5 kg tiap 100 ekor ayam. Pemberian grit dilakukan 2 kali sehari tiap minggu. Khusus selama masa bertelur, grit sebaiknya diberikan pada sore hari karena penyerapan kalsium paling baik pada malam hari. Ukuran grit yang baik adalah sekitar 2-4 mm, ukuran yang terlalu besar justru dapat mengganggu proses pencernaan. Perlu diingat juga bahwa penyerapan Ca oleh tubuh ayam dipengaruhi oleh kecukupan vitamin D. Oleh sebab itu selain pemberian grit, perlu ditambahkan juga Strong Egg atau Egg Stimulant.

2. Untuk mengatasi cuaca panas, sediakan air munim dan tempat minum dalam jumlah yang cukup, buka tirai lebar-lebar, pasang kipas angin, ganti sekam yang basah, dan lakukan penyemprotan kandang dengan menggunakan desinfektan. Jika perlu, ayam dipuasakan makan 1-2 jam selama cuaca panas pada siang hari untuk mengurangi panas yang sikeluarkan oleh tubuhnya.

3. Untuk mengatasi kasus karena infeksi penyakit lakukan program vaksinasi sesuai kondisi peternakan setempat.

4. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga agar ayam setenang mungkin selama masa bertelur.  Jangan sampai ayam menjadi stres. Agar ayam, bebek atau puyuh tidak mudah stres berikan Poultry Ghea atau Promix.

( Tutorial Gratis Manajemen kandang Bebek yang bagus, KLIK GRATIS DI SINI )

Semoga membantu !

Salam Sukses

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *