Harga Pakan Ayam Naik, Harga Telur Turun. Bagaimana Solusinya ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, akhir-akhir ini kami merasakan kondisi yang berat karena harga pakan ayam naik dan harga telur turun. Bagaimana langkah-langkah untuk mensiasati hal ini? Paling tidak kita bisa bertahan. Karena saya percaya, badai ini pasti bisa berakhir ( Solikin di Lamongan )

Jawab :

Terima kasih atas pertanyaan yang sangat menarik untuk kita bahas. Semua Peternak di Indonesia mengalami hal yang sama. Karena siapapun kita tidak bisa mengontrol harga telur yang fluktuatif dan cenderung menurun, semua karena faktor hukum ekonomi yaitu supplay and demand. Apalagi faktor distruption pandemic saat ini yang sangat memicu daya beli telur yang menurun. Akibatnya harga telur anjlok di tingkat peternak.

Nah, Bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? Bapak Ibu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut : 

1.Memberikan nilai tambah pada kemasan telur. Mengubah kemasan telur sesuai keinginan konsumen, bisa di kemas khsusu pakai mika isi 5 butir, 10 butir atau 15 butir. Dengan memberikan nilai tambah yaitu memberi kemasan mika maka otomatis dapat meningkatkan harga telur.

  1. 8692722_6ae42cac-8420-445e-903a-9c5c1565c669_580_580

jual kemasan telur murah

2. Menjual Telur langsung kepada Konsumen Akhir tanpa perantara. Di saat seperti ini kita harus berkorban sedikit tenaga dan waktu, bisa dengan menggelar barang dagangan di depan rumah. Langsung membuat spanduk kecil di tulis “JUAL TELUR MURAH DARI PADA TOKO SEBELAH, FRESH LANGSUNG KANDANG ( CANTUMKAN HARGA TELUR ) “. Awal-awal mungkin sepi tapi lama lama akan ramai sendiri. Jika ingin cepat ramai, caranya adalah bagikan dulu telur nya dengan cara kasih gratis dan tulis di spanduk : TELUR AYAM GRATIS SILAHKAN AMBIL. Lakukan bagi bagi gratis selama 1 minggu. Anggap saja itu bagian sedekah. Minggu kedua baru anda bisa jualan telur. Insyallah hari berganti hari jualan telur anda laris dan dapat harga telur lebih tinggi.

3. Menjual Telur di pasar pagi kompleks rumah. Titip jual ke penjual sayur. Dengan cara kasih kemasan tray karton di belah 2 isi 10 butir telur dan kasih kemasan plastik gula. Di jamin harga di atas rata rata.

IMG_20210908_080347

4. Membuat olahan hasil telur, bisa produk turunan telur. Seperti tepung telur. Jadi harga telur bisa lebih tinggi.

5. Perawatan ayam sebaik mungkin. sehingga bisa mencapai puncak produksi di atas 90 %.

6. Membuat pakan self mix. Kita tahu bahwa pakan pabrikan saat ini harga lumayan tinggi. Dengan cara memakai pakan self mix bisa hemat sampai 1000 per kg. Seperti contoh pakan self mix ini yang laris di cari peternak di pasaran sejak harga pakan pabrikan naik terus. Pakan Self Mix yang di cari peternak tanpa repot membuat pakan sendiri : KLIK GRATIS DI SINI

7. Teruslah bergerak dan actionAllah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kita mengubah sendiri. Teruslah bergerak dan melangkah biarpun sedikit yang penting tidak diam di tempat. Jika kita mau bergerak dan mencoba pasti ada 2 kemungkinan yaitu sukses dan gagal. Tapi jika kita tidak bergerak dan tidak mencoba, pasti hanya ada 1 kemungkinan yaitu GAGAL.

Lebih baik gagal daripada gagal mencoba. Setuju ?

8. Bersyukur dan kembalikan semua kepada Allah SWT. Jangan merasa diri kita ini mampu segalanya karena punya ilmu. Jangan merasa apapun yang kita kerjakan dan lakukan semua bisa sendiri tanpa melibatkan Allah. Semua kembalikan kepada Allah SWT.

Jangan terlalu berharap kepada kemampuan manusia, yang ada justru kecewa.

Berharap lah hanya kepada Allah dan yakinlah badai ini pasti akan berlalu. Karena setelah kesulitan ada kemudahan. Setelah kesulitan ada kemudahan.

9. Tidak usah panik soal datang nya rezeki. Rezeki itu sudah Allah yang menjamin tidak perlu ragu dan khawatir. Tugas kita hanya berbuat baik dan ibadah. Jika kita berjalan lurus, insyallah rezeki itu pasti ada bagi orang yang selalu bersyukur.

10. Sedekah yang terbaik dan sedekah ilmu. Tidak ada ceritanya orang sedekah harta malah tambah rugi dan miskin. Justru sebaliknya malah makin kaya dan berkah. Saat seperti ini mari kita sedekah dg harta yang kita cintai, insyallah.. Allah akan memberi rezeki yang terbaik pula buat kita. Dan jangan lupa sedekah ilmu, sedekah ilmu sebagai amal jariyah kita seperti share dan berbagi status kepada sahabat peternak lain jika baru saja mendapat ilmu baru dari bacaan artikel di DOKTERUNGGAS.COM ini.

( Baca Juga : Di Saat Harga Telur Turun, Harga Pakan Naik. Pullet Ini Paling banyak di cari Peternak karena bergaransi, KLIK GRATIS DI SINI )

Semoga badai ini segera berakhir dan kita semua bisa lancar dan berkah bisnis peternakan ayam nya sehingga bisa menambah kandang baru setiap tahun. Amin ya Rabbalalamin

IMG-20210617-WA0034

Direktur Dokter Unggas Drh.Alvin paradiptya,M.Vet Bersama Peternak Mitra Buol di Kantor Dokter Unggas 

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0819 1300 0295

WhatssApp : 0819 1300 0295

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *