Obat CRD atau Ngorok Dengan Batu Gamping, Apa Bisa ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya Peternak Ayam Broiler, Mau tanya tentang efek batu gamping.

Adakah efek negatif dari penambahan batu gamping ke dalam air minum untuk penanganan kasus CRD pada ayam?

Jawab:

Ya, ada. Batu gamping atau yang dikenal juga dengan batu kapur adalah batuan fosfat yang sebagian besar tersusun oleh mineral kalsium karbonat (CaCo3). Warnanya putih keabu-abuan.

Batu ini bersifat basa dan saat direaksikan dengan air akan menyebabkan terjadinya kenaikan suhu (panas). Di satu sisi, panas yang dihasilkan dari reaksi tersebut cukup menguntungkan karena mampu membunuh bakteri yang ada di dalam air minum, salah satunya Mycoplasma gallisepticum sebagai agen penyebab CRD. Namun di sisi lain, sifat basa yang dimiliki oleh batu ini akan ikut meningkatkan pH air pada kadar tertentu, sehingga sangat berpengaruh terhadap efektivitas vaksin maupun antibiotik.

Vaksin aktif yang berisi mikroorganisme hidup yang telah dilemahkan, kestabilannya akan menurun saat kontak langsung dengan air yang memiliki pH basa. Sementara beberapa golongan antibiotik, seperti fluoroquinolon dan tetracycline yang cukup efektif untuk pengobatan CRD, saat dicampur dengan air yang bersifat basa atau mengandung mineral seperti Ca2+, Mg2+ dan Al3+, zat aktifnya juga akan diikat oleh mineral tersebut. Dampaknya, penyerapan obat di saluran pencernaan akan menurun sehingga daya kerja obat pun tidak optimal. Efek negatif lain dari penambahan batu gamping ke dalam air minum ialah merubah warna air menjadi lebih putih dan agak keruh. Hal ini pula yang dikhawatirkan akan mempengaruhi jumlah konsumsi air minum ayam.

Dengan melihat beberapa efek yang bisa ditimbulkan, maka penambahan batu gamping pada air minum untuk menangani kasus CRD, sebaiknya tidak dilakukan saat akan melakukan program vaksinasi serta pemberian antibiotik melalui air minum. Selain itu, karena dosis penambahan gamping pada air minum juga belum diketahui secara pasti, maka hal ini harus Bapak pertimbangkan secara hati-hati.

Akan tetapi dari pada bapak repot menggunakan batu gamping, alangkah indahnya dan mudah serta praktis menggunakan obat CRD PLUS saja, jadi tinggal di minumkan nanti dalam 1×24 jam ayam akan sembuh dari penyakit CRD atau ngorok.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *