Cara Mencegah Kerugian Pada Bisnis Ayam Broiler

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya Peternak ayam di Lamongan, beberapa periode ini kami mengalami kerugian, bagaimana caranya untuk mencegah kerugian pada bisnis kami, Dokter?

Jawab :

Sebagai seseorang yang sedikit memahami Bisnis Ayam Broiler, maka saya ingin berbagi juga, semoga bisa menjadi pencerahan bagi pebisnis broiler yang lain.

bisnis-ayam-anti-rugi

Dalam Bisnis Ayam Broiler, khususnya di lini budidaya, potensi kerugian bisa kita pilah dari 2 faktor utama, yaitu :
1. Rugi karena harga jual yang jatuh, atau
2. Rugi karena produktifitas ayamnya yang rendah.

11947587_876283209156866_5021263874013215257_n

Kandang Ayam dengan slat plastik DokterUnggas.com

Bila rugi karena harga jual yang jatuh, maka penjelasannya adalah seperti ini.
Untuk bisnis ayam broiler, memang sebagai pengusaha, seorang peternak tidak mampu menguasai harga panen. Sebesar apapun kapasitas populasi yang dia miliki, dia tidak mampu mengendalikan harga jual panennya. Harga jual ini lebih dominan dikuasai oleh kemampuan market ayam besarnya alias “livebird”. Tidak bisa juga dilepaskan oleh ada atau tidaknya momen keagamaan yang biasanya mampu menyerap ayam lebih besar.

( Baca Juga : Cara Meningkatkan Bobot Ayam, KLIK DI SINI )

Bila rugi karena produktifitas ayamnya yang rendah, maka solusinya adalah:
Evaluasi dulu apa yang menyebabkan produktifitasnya rendah, apakah karena faktor kualitas bibit yang rendah, faktor kualitas pakan yang rendah, atau faktor kualitas metode pemeliharaan yang buruk.

Satu kunci yang selalu kita pegang dalam bisnis ayam broiler yang saat ini sudah menggunakan Strain Ayam Modern adalah “kita harus memberikan apa yang dibutuhkan oleh ayam tersebut, maka nanti ayam akan memberikan hasilnya kepada kita”.

Pertanyaannya adalah “Apa yang dibutuhkan oleh ayam tersebut ..?” untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus kembali melihat karakteristik dan persyaratan teknis yang dibutuhkan oleh Strain ayam yang kita pelihara. Dan ini sangat mudah kita pelajari, karena masing-masing strain sudah mengeluarkan Management Guide-nya sendiri. Mau tidak mau maka kita masih harus selalu belajar kepada ayam, karena strain ayam selalu berkembang sehingga ilmu memeliharanya juga ikut berkembang.

Ayam akan bertindak jujur. Bila nutrisi dan lingkungan yang dibutuhkan oleh ayam dapat kita berikan secara optimal, maka Insya Allah ayam akan beribadah dengan memberi hasil kepada kita sebagai pemilik ayam tersebut.

Sekali lagi, faktor harga tidak mampu dikontrol oleh pebisnis ayam broiler, yang dapat dikontrol adalah mengoptimalkan produktifitasnya, untuk itu dengan “Hati dan Science” Mari kita Bicara Perunggasan di DokterUnggas.com Pusat Informasi Unggas Terkini.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *