Pemberian Kunyit Pada Doc Ayam Apa Di Perbolehkan?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Sekarang sedang marak obat herbal untuk ayam. Bagaimana dan apa dampaknya pemberian kunyit yang diparut untuk meningkatkan kekebalan ayam? Bisakah saya berikan untuk DOC?

 Jawab :

 Yth. Bapak Dion, terima kasih atas pertanyaannya. Curcuma longa atau biasa kita sebut kunyit merupakan salah satu bahan herbal yang telah lama digunakan di masyarakat sebagai tanaman jamu yang berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, memelihara kesehatan, dan menjaga stamina tubuh.

Pemberian kunyit untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam bukanlah hal yang keliru. Salah satu kandungan di dalam kunyit adalah kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas sehingga ayam tidak mudah sakit. Agar tujuan pemberiannya dapat tercapai sebaiknya diberikan dengan cara dan dosis yang benar.

Pemberian kunyit dengan cara diparut dan diberikan via air minum kepada ayam tidak akan menimbulkan dampak yang merugikan hanya saja kita tidak dapat mengukur dosis dan efektivitasnya secara pasti. Kecil kemungkinan adanya overdosis, namun pemberian yang berlebihan dapat mengurangi nafsu minum ayam karena ekstrak kunyit sedikit berasa “getir” pada lidah.

Dalam mendapatkan ekstrak kunyit yang berkhasiat memerlukan pengolahan, ekstraksi, dan percobaan sesuai dengan standar pembuatan obat yang berkualitas baik. Untuk memenuhi hal itu maka lebih disarankan untuk pemakaian obat herbal yang telah terstandarisasi dan teruji secara klinis agar sudah pasti aman saat diberikan pada ayam. Contoh produk yang dapat digunakan adalah GAVIN E yang mengandung ektrak kunyit. GAVIN E dapat diberikan sesuai dosis 1 ML per liter air minum.

Pada DOC yang baru datang kebutuhan utama yang diperlukan adalah energi sehingga pemberian ekstrak kunyit dirasa kurang tepat. Saat ayam pertama datang dapat diberikan air gula atau elektrolit untuk mengurangi stres dan memberikan energi yang hilang selama perjalanan.

PERALATAN KANDANG AYAM MURAH , KLIK DI SINI

Salam !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *