DOC Datang Dua Kali Di Kandang, Apa Boleh ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, saya mau bertanya, Beberapa waktu ini DOC mengalami kelangkaan, apabila kondisi tersebut memaksa DOC harus datang dua kali, berapakah jarak umur maksimal yang diperbolehkan antara kedatangan DOC yang pertama dengan kedatangan DOC yang kedua, jika dikaitkan dengan konsep biosecurity ?

Jawab

Dalam pemeliharaan ayam akan lebih baik jika dapat menerapkan sistem all in all out (dalam 1 lokasi peternakan hanya terdiri dari 1 jenis ayam dengan umur dan strain yang sama), karena lebih memudahkan dalam monitoring pemeliharaan ternak secara seragam.
Selain itu kemungkinan terjadinya penularan penyakit akibat variasi umur ternak juga lebih kecil. Interval waktu kedatangan DOC dengan umur yang berbeda belum ada standar yang tetap.
Namun apabila terpaksa tidak bisa menerapkan sistem pemeliharaan all in all out maka jarak kedatangan antar DOC sebaiknya jangan terlalu lama, apabila memungkinkan kurang dari 1 minggu. Jika waktu tersebut tidak dapat dilakukan maka saat chick in perlu memperhatikan beberapa hal berikut :
  1. DOC yang berbeda umur atau waktu kedatangan jangan dipelihara dalam kandang brooder (indukan) yang sama
  2. Jarak antar kandang ayam yang berbeda umur sebaiknya minimal 7 m (1 x lebar kandang)

  3. Arus distribusi personal maupun peralatan antar kandang dengan umur dan jenis ayam yang berbeda dibatasi, terutama pada saat masa DOC (starter) dan apabila terjadi outbreak penyakit

  4. Jadwal pemeliharaan ternak sebaiknya dari ayam berumur muda ke ayam berumur lebih tua (dewasa)

  5. Lakukan program desinfeksi secara rutin pada masing-masing kandang dengan menggunakan Gavprotec

  6. Program vaksinasi dibuat sama untuk semua kandang ayam

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *