Kaki Ayam Sering Pincang, Mengapa?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Setiap periode pemeliharaan ayam pedaging selalu ditemui ayam yang kakinya pincang sehingga tidak bisa jalan dan susah makan atau minum. kenapa begitu?

Jawab :

Ayam pedaging yang kakinya pincang bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu faktor non infeksius, seperti traumatik (terjepit atau luka) atau kekurangan mineral kalsium dan fosfor maupun karena faktor infeksius (karena infeksi agen penyakit seperti ND, Mareks atau CRD). Jika dianalisis dari gejala yang sampaikan, kaki yang pincang tersebut kemungkinan disebabkan kaki ayam terjepit atau kekurangan kalsium dan fosfor. Sedangkan jika disebabkan infeksi agen penyakit biasanya akan diikuti dengan gejala lainnya.

Cara penanganan kasus kaki pincang hendaknya disesuaikan dengan penyebabnya. Pada kasus non infeksius akibat traumatik, yaitu terjepit atau luka terkena benda tajam yang berakibat luka atau rusaknya jaringan otot masih bisa disembuhkan. Namun jika traumatik tersebut mengakibatkan syarafnya rusak maka akan sulit disembuhkan, oleh karena itu ayam sebaiknya diafkir saja karena produktivitasnya tidak akan optimal.

Jika disebabkan kekurangan mineral (kalsium dan fosfor) maka penanganannya ialah menambahkan (suplementasi) mineral itu melalui ransum.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *