Apa Penyebab Ayam Memakan Telurnya Sendiri?

DOKTERUNGGAS.COMDokter, Mengapa ayam saya suka mematuk dan memakan telur nya sendiri?

Jawab : Baik kami akan menguraikan penyebab nya, di antaranya adalah :

1. Cahaya lampu terlalu terang

Pemberian intensitas cahaya yang terlalu terang dapat memicu agresivitas ayam sehingga mendorong ayam mematuk telurnya sendiri. Saat masa produksi, intensitas cahaya yang diberikan sebaiknya berkisar antara 20 – 40 lux dengan lama pencahayaan maksimal 16 jam per hari.

2. Feed intake (konsumsi ransum) kurang atau terjadi defisiensi kalsium (Ca) dan vitamin D

Kurangnya jumlah konsumsi menyebabkan asupan beberapa nutrisi juga berkurang. Asupan Ca dan vitamin D misalnya. Ca dan vitamin D sama-sama berperan penting dalam pembentukan cangkang/kerabang telur.

Defisiensi kedua nutrisi tersebut menyebabkan kerabang telur yang dihasilkan tipis dan lembek. Kondisi itu pula yang nantinya menyebabkan telur mudah retak dan akhirnya merangsang ayam memakan telurnya sendiri. Untuk mencegah defisiensi Ca dan vitamin D, Berikan POULTRY GHEA ke dalam ransum ayam.

3. Ketersediaan air kurang

Saat ayam tidak mendapatkan suplai air minum yang cukup maka ayam akan berusaha mencari sumber air lain, termasuk dari putih maupun kuning telur (memicu ayam mematuk telur)

Faktor-faktor diatas hendaknya perlu diperhatikan secara menyeluruh, sehingga kejadian ayam memakan telurnya sendiri dapat dihindari. Lakukan pula pengumpulan telur segera setelah telur di keluarkan oleh ayam sebagai tindakan pencegahan.

Salam Sukses !

www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *