Probiotik Unggas Yang Bagus Menurut Pakar Nutrisi IPB

DOKTERUNGGAS.COM –Penggunaan probiotik untuk alternatif imbuhan pakan ayam memiliki manfaat lebih baik dibandingkan antibiotik. Hal ini tentunya lebih aman digunakan para peternak saat ini.

“Penggunaan probiotik sebagai imbuhan pakan ternak lebih ramah terhadap kesejahteraan manusia, ternak, dan lingkungan,” ungkap , Komang Gede Wiryawan, pakar nutrisi dan teknologi pakan ternak Institut Pertanian Bogor (IPB).

probiotik ipbDia menjelaskan, banyak kelebihan dari penggunaan probiotik yang merupakan suplemen mikroba hidup itu. Bagi ternak, konsumsi probiotik dapat mencegah terjadinya kelainan metabolisme, mengurangi produksi gas metana, mendetoksifikasi racun dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Keuntungan bagi peternak, probiotik lebih mudah diproduksi, lebih murah, dan mudah diperoleh. Mikroba yang dapat digunakan sebagai probiotik yaitu bakteri asam laktat, ragi, dan kapang.

( Baca Juga : Probiotik yang bagus untuk ayam Murah dan Simpel, KLIK DI SINI)

“Meski demikian, ada kelemahan yang perlu kajian lebih yakni hasil probiotik yang belum konsisen, masa simpan terbatas, dan pemberian pada ternak yang kurang praktis,” tuturnya.

Ia mengungkap, mayoritas peternak saat ini masih menggunakan antibiotik untuk imbuhan pakan ternak. Padahal, pemberian antibiotik pada ternak dalam jangka panjang menyebabkan ternak kebal terhadap bakteri patogen.

Salam!
www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *