Kunci Sukses Ternak Ayam Ada Pada Masa Ini !

broding

DOKTERUNGGAS.COM – Masa brooding, mungkin ada sebagian kita yang menganggap masa ini merupakan masa yang sangat penting, namun bukan hal yang tidak mungkin ada pula yang menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa saja. Jawaban yang tepat mengenai penting tidaknya masa ini akan kita temukan setelah kita mengetahui secara jelas dan terperinci mengenai proses yang terjadi dalam tubuh anak ayam selama masa brooding.

Masa brooding merupakan bagian dari fase starter, masa permulaan bagi perkembangan dan pertumbuhan ayam. Ayam pada masa ini akan mengalami pertumbuhan dengan sangat pesat dan mencakup semua organ yang berperan bagi kehidupan dan produktivitas ayam.

Organ apa saja yang berkembang pada fase starter ? Hampir semua organ vital dalam tubuh ayam mengalami perkembangan pada fase ini. Mulai dari organ pencernaan, organ pernapasan, sistem kekebalan tubuh, kerangka tubuh ayam (tulang) dan juga yang tidak kalah penting adalah organ reproduksi. Pada ayam broiler, organ pencernaan akan berkembang pesat pada umur 2-14 hari dan enzim-enzim pencernaan mulai disekresikan dan berfungsi secara optimal pada umur 4-21 hari. Organ pernapasan berkembang pesat pada umur 4-14 hari, sedangkan sistem kekebalan tubuh berfungsi optimal pada umur 7 hari.

Masa brooding merupakan salah satu periode kehidupan ayam yang menjadi pondasi awal bagi kehidupan dan produktivitas ayam pada fase berikutnya. Keberhasilan pada fase ini akan memudahkan peternak untuk memperoleh keuntungan yang optimal. Sebaliknya, kegagalan pada fase ini akan menyebabkan potensi genetik ayam tidak dapat muncul secara optimal.

Memperhatikan setiap faktor dari sistem brooding menjadi syarat mutlak keberhasilan di fase ini. Suhu, kelembaban dan kualitas udara harus diperhatikan untuk menghasilkan anak ayam yang berkualitas. Langkah awal di masa starter menjadi penentu keberhasilan pada fase berikutnya.

Semoga Bermanfaat !

www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *