Kapasitas Ideal Kepadatan Ayam DI Dalam Kandang

splash4

Dokter, Saya baru membuat kandang panggung untuk broiler dengan ukuran 30 m x 10 m, yang mau ditanyakan :

  1. Untuk ukuran tersebut berapa kapasitas maksimal ayam ?

  2. Untuk hasil maksimal, berapa banyak tempat makan untuk anak ayam dan berapa lama memakai nampan ransum DOC ?

Jawab:

Kepadatan ideal kandang ayam broiler bisa ditentukan oleh bobot badan (BB) saat panen. Biasanya ukuran yang dipakai ialah 6–8 ekor/m2. Jadi untuk kandang ukuran 30 x 10 m (300 m2), idealnya diisi dengan 1.800 – 2.400 ekor ayam.

Jika kita asumsikan kapasitas ayam Bapak 2.000 ekor maka saat pemeliharaan DOC dibuat 2 brooding(kandang indukan) dengan diameter setiap indukan 4,5 meter berkapasitas 1.000 ekor per brooding.

Untuk tiap brooding diperlukan gas brooder  pemanas berbahan bakar gas/ brooder), 12-16 buah tempat minum ayam (TMA) dan 20 buah nampan ransum DOC .Nampan ransum DOC mulai diganti sejak ayam berumur 7 hari secara bertahap dengan tempat ransum ayam (TRA). Caranya, diawali dengan meletakkan TRA berisi ransum di antara nampan ransum dengan perbandingan jumlah TRA yang semakin banyak hingga semua nampan ransum diganti TRA. Pada awalnya, TRA juga jangan langsung digantung. 

Salam Sukses !

LOGO DOKTERUNGGAS

Sa

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *