Bagaimana dengan TS yang Masuk Ke Kandang ?

Sehubungan dengan semakin maraknya berbagai penyakit unggas yang akhir-akhir ini banyak muncul. Salah satu pilar penting dalam biosekuritas adalah praktek sanitasi dan desinfeksi ketat. Terkait dengan hal itu masih banyak peternak belum menyadari arti pentingnya program tersebut, bahkan di banyak farm masih dilakukan secara sub-optimal.

Demikian halnya, sarana produksi peternakan seperti: kotak telur, alat transportasi dan peralatan lain merupakan sarana paling mudah dalam transmisi penyakit unggas. Kelalaian dalam menjaga kebersihan dan melakukan desinfeksi sarana tersebut memperlebar peluang penularan penyakit antar floks maupun antar farm.

Menurut pengamatan penulis hal ini ini seringkali terabaikan pada tingkat operasional di farm. Menyangkut pembatasan tersebut, juga berlaku bagi lalu lintas orang yang menangani farm. Tehnical service (TS) dan orang-orang yang terlibat dalam pengelolaan farm harus lebih mengerti pemahaman ini. Oleh karenanya TS tidak akan sembarangan masuk ke lokasi farm tertentu jika sudah menangani ayam sakit di farm lain. Demikian halnya tenaga kerja yang kebetulan menangani ayam sakit tidak dipekerjakan pada ayam sehat.
( Dr. drh. M. Haryadi Wibowo, MP. Staf Bagian Mikrobiologi FKH UGM dan Praktisi Perunggasan.)

Salam !
www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *