Kematian Mendadak Pada Ayam Karena Apa ?

Pada umur 12-17 hari ayam sering mati mendadak, penyakit apa yang menyerang ayam tersebut? Apakah hal tersebut disebabkan oleh ayam tidak mendapat cukup dosis vaksin saat vaksinasi umur 4 hari ?

 

Jawab :

Ayam yang tidak mendapatkan cukup vaksin saat vaksinasi umur 4 hari bukan satu-satunya penyebab ayam mati mendadak. Vaksinasi dengan dosis yang lebih rendah (kurang) akan menyebabkan pembentukan antibodi tidak optimal sehingga apabila terdapat serangan penyakit ayam tidak akan terlindungi secara optimal. Faktor yang dapat menyebabkan kematian mendadak pada umur 12-17 hari antara lain serangan penyakit perakut (kolera, cacar, ND, ILT), heat stress, keracunan dan kepadatan kandang yang tinggi.



Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Dokter Unggas Online (http://DokterUnggas.com)

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *