Pemberian Air Gula Pada Ayam

Pada saat ayam baru datang, lebih bagus mana antara yang diberi air gula atau Viterpan?

 

Jawab :

Pemberian air gula atau Viterpan tidak dapat dibandingkan mana yang lebih bagus. Keduanya memiliki tujuan yang berbeda. Pemberian air gula bertujuan untuk menghasilkan energi. DOC yang baru datang terkadang lemas karena kekurangan energi akibat faktor transportasi sehingga sangat membutuhkan asupan energi. Air gula terdiri dari glukosa dan di dalam tubuh glukosa dapat langsung diubah menjadi energi tanpa mengalami proses metabolisme yang berbelit. Sedangkan Viterpan merupakan sediaan yang mengandung vitamin dan antibiotik growth promotor yang berfungsi untuk memacu pertumbuhan. Viterpan berperan untuk merangsang pertumbuhan, mencegah kekurangan vitamin, mengatasi stres serta meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, bukan sebagai sumber energi. Jadi untuk hasil yang maksimal lebih baik ayam yang baru datang (chick in) diberi air gula 2-5% terlebih dahulu selama 2-3 jam. Setelah air gula habis dilanjutkan dengan pemberian Viterpan Dengan demikian kebutuhan energi dan vitamin yang dibutuhkan oleh ayam dapat tercukupi. Namun apabila kondisi ayam kurang baik serta tantangan bibit penyakit bakterial di farm tersebut tinggi, maka dapat dilakukan cleaning program dengan pemberian antibiotik.

 

Untuk Info dan Pemesanan Produk silahkan hubungi marketing kami di 0856 55 28 11 14

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Dokter Unggas Online (http://DokterUnggas.com).

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *