Cara Menghilangkan Bau Feses Yang Berlebihan di Dalam Kandang

Dokter, Bagaimana cara menghilangkan bau feses yang berlebihan dalam kandang, mengingat saat ini musim penghujan?

Kami jawab :

Bau feses yang berlebihan dalam kandang berasal dari bau amonia. Untuk meminimalkan bau amonia tersebut, tindakan yang dapat Bapak lakukan antara lain:

  • Bersihkan feses minimal satu minggu sekali untuk menghindari penumpukan feses yang dapat menimbulkan bau dan mengundang lalat.

Untuk jenis kandang postal (non panggung), menghilangkan bau amonia agak sulit dilakukan. Hal ini karena pembersihan feses tidak bisa dilakukan sepanjang periode pemeliharaan ayam. Feses akan selalu tersimpan dalam litter dan lama-kelamaan amonia terakumulasi. Dalam kasus ini, sebaiknya pada masa brooding, mulai umur 4 hari sampai umur 14 hari, lakukan pembolak- balikan litter secara teratur setiap 3-4 hari sekali. Jika litter basah dan menggumpal dalam jumlah sedikit, terutama di sekitar tempat makan dan minum, segera ambil dan ganti dengan yang baru. Namun jika jumlah litter yang menggumpal banyak, sebaiknya ditambah litter baru. Jika ada feses yang banyak segera semprot dengan PROTEXOL untuk menghilangkan bau amonia yang di akibatkan feses.

  • Cegah hal-hal yang dapat mempercepat litter menjadi basah seperti perbaiki atap yang bocor, hati-hati saat pengisian ulang air minum, tampias air saat musim hujan, dll.
  • Berikan ransum dengan kandungan nutrisi yang sesuai, terutama kandungan protein kasar dan garam. Kandungan protein yang berlebihan akan menyebabkan kadar asam urat (uric acid) dalam feses tinggi dan selanjutnya terurai menjadi amonia. Sedangkan kadar garam yang berlebihan akan menyebabkan konsumsi air minum ayam meningkat. Hal ini menyebabkan feses lebih basah.
  • Mengatur sistem sirkulasi udara agar tetap lancar sehingga dapat membantu pertukaran udara dengan konsentrasi amonia tinggi dari dalam ke luar kandang. Atur buka tutup tirai kandang atau gunakan kipas angin untuk memperlancar sirkulasi udara dalam kandang. Kipas angin dapat membantu litter menjadi lebih cepat kering dan mengurangi paparan amonia pada ayam.
  • Bersihkan selokan secara rutin untuk memperlancar saluran pembuangan air sehingga air hujan tidak masuk ke dalam kandang.
 

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *