FKH UGM Targetkan Akreditasi International Pada 2019

DOKTERUNGGAS.COM – Dunia peternakan unggas Indonesia tidak bisa di lepaskan dari peran dokter hewan.

Dokter Hewan sebagai garda terdepan untuk melindungi kesehatan hewan ternak yang di miliki oleh peternak unggas di Seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Setiap Fakultas Kedokteran Hewan berlomba-lomba untuk meningkatkan kompetensi dan sertifikasi akreditasi FKH nya.

Salah satunya adalah FKH UGM. Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) UGM menargetkan meraih akreditasi internasional dari Royal College of Veterinary Surgeon (RCVS) pada tahun 2019 mendatang. Oleh karena itu, pengelola fakultas telah melakukan proses pengajuan untuk mendapatkan akreditasi tersebut seraya melakukan pembenahan dalam pengembangan jaminan mutu di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hal itu disampaikan oleh Dekan FKH UGM Dr. drh. Joko Prastowo, M.Si., usai memberikan pidato laporan Dekan pada upacara puncak Dies FKH UGM ke-70 di ruang auditorium FKH UGM, Selasa (20/9).

fkh-ugm-akreditasi

Joko mengatakan untuk pemantapan proses pengajuan akreditasi internasional tersebut, FKH UGM belum lama ini menjalin kerja sama dengan School of Veterinary Sciences of the University of Liverpool, Inggris yang akan menjadi partner dalam memberikan penilaian akreditasi. “Tahun 2019 kita targetkan bisa terakreditasi internasional, sejalan dengan misi kampus UGM di tahun itu bisa masuk peringkat 500 besar dunia,” kata Joko.

Adanya pengakuan akreditasi internasional, kata Joko, nantinya dapat digunakan sebagai rujukan bagi institusi pendidikan kedokteran hewan lainnya di Indonesia dalam pengelolaan kurikulum, organisasi pendidikan dan proses pembelajaran. Menurutnya, pengembangan mutu yang berkelanjutan tersebut dilakukan lewat mekanisme PDCA (plan, do, check, action) dengan adanya unit penjaminan mutu FKH UGM.

Keberadaan sistem penjaminan mutu ini telah mengantarkan prodi kedokteran hewan FKH UGM mendapatkan sertifikasi ISO 9000:2008 dari TUV-Rheinland dan sertifikasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). “Perlu diketahui, prodi kedokteran hewan UGM pertama di Indonesia yang telah bersertifikasi AUN-QA,” tambahnya.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *