Peternak Wajib Tahu Masa Kadaluarsa Pakan, Penting !

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Apa pakan itu ada masa kadaluarsa nya? dan solusinya bagaimana?

Jawab : Bapak yang baik, banyak peternak yang menganggap sepele dalam hal pakan. Biarpun anda adalah peternak ikut kemitraan perusahaan inti, bukan jaminan jika pakan tersebut adalah baik. tentu anda harus cek kondisi pakan nya.

Rata-rata pakan jadi, bisa disimpan dan baik digunakan untuk ternak selama 3 minggu sejak diproduksi, jika lebih dari 3 minggu ada kemungkinan terjadi kerusakan/kadaluwarsa. ini terkait juga dengan kondisi kemasan yang sudah mengalami bongkar muat sejak dari feedmill, delivery ke gudang peternak, kemudian ke kandang/farm. Ditandai dengan kondisi pakan yang sudah bau apek dan ada kutunya. Jika kondisi pakan sudah kadaluwarsa diberikan ke ayam, maka akan berakibat gangguan pencernaan.

obat-kutu

Dan Perhatiakan Penyimpanan pakan. Jika gudang yang digunakan tidak memenuhi standar, misalnya suhu dan kelembaban tidak standar, atap bocor waktu hujan, maka pakan yang disimpan akan cepat rusak, ditandai dengan kondisi pakan yang menggumpal dan berjamur, dan jika dipaksakan untuk dikonsumsi oleh ternak, maka akan berakibat gangguan pencernaan.

(Baca juga : Pakan yang kualitas Baik seperti ini, KLIK DI SINI )

Semoga Bermanfaat ya !

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *