Apa Benar Ayam Broiler Di Suntik Hormon?

DOKTERUNGGAS.COM– Mencoba sedikit meluruskan.
Beberapa teman shared masalah ayam broiler yang menyebabkan kanker rahim karena selama pemeliharaan ayam tersebut diberi suntikan hormon melalui suntikan di leher dan hormon tersebut akan mengumpul di ceker. saya berusaha menjelaskan sebagai berikut :

1. Selama pemeliharaan ayam potong atau broiler saya dan kami semua stake holder di dunia peternakan ayam broiler tidak pernah menggunakan HORMON sebagai GROWTH PROMOTOR atau pemacu pertumbuhan, Era tahun 1960 sampai 1970 pada waktu itu emang pernah terjadi pemakaian hormon untuk memacu pertumbuhan namun setelah itu tidak digunakan lagi karena sekarang telah berhasil dibuat dengan cara rekayasa genetika melalui persilangan persilangan sehingga secara genetik ayam dapat tumbuh cepat tanpa perlu hormon pemacu pertumbuhan. pada tahun 70 an untuk memproduksi broiler dengan bobot 1,1 kg perlu waktu 55 hari, era 90an untuk bobot 1,5 dicapai dalam 35 hari dan sekarang dengan istilah Broiler Modern bobot 2,0 dapat dicapai pada usia 30 hari.

2. Rekayasa pakan, dengan semakin tingginya ilmu pengetahuan pakan ayampun semakin bagus Kadar Protein, Energy dan bentuk partikelnya dibuat menjadi crumble (butiran) dan pellet sehingga memudahkan ayam mengambil pakan, sesuai naluri alamiyahnya ayam adalah bangsa burung pemakan biji bijian.

3. Rekayasa perkandangan, kandang ayam modern sekarang sangat efektif dan efisien bagi ayam maupun peternaknya dalam menjalankan bisnis peternakannya.

4. Feed additif. ada beberapa feed additif yaitu penambahan Premix berupa vitamin, mineral dan juga asam amino ( Lysin dan Metionin), Probiotik ( penambahan bakteri yang menguntungkan) kalo pada manusia seperti Yakult, dan Antibiotik kadang ditambahkan pada situasi tertentu, namun antibiotik yang ditambahkan di dalan pakan bukan antibiotik yang diserap sistemik, antibiotik yang dipakai bersifat lokal diusus untuk memperbaiki sistem pencernaan.

5. Penggunaan antibiotik memang masih dipakai pada awal kehidupan yaitu umur 1 sampai dengan 4 hari, dan pada saat minggu ketiga, namun witdrawal time juga kita perhatikan.
Demikian semoga dapat memberi sedikit gambaran terutama dalam hal HORMON yang dipakai untuk GROWTH PROMOTOR pada pemeliharaan ayam broiler itu sudah tidak dipakai lagi sejak thn 70 atau 80an.
By Drh.Teguh

===================================================
SELAMAT DAN SUKSES DokterUnggas.com DI PERCAYA OLEH TAMAN SAFARI INDONESIA UNTUK PENGADAAN DOC AYAM TIAP BULAN..
Info DOC AYAM 0856 55 28 11 14
===================================================

Salam SUkses !
www.DokterUnggas.com
“Portal Info Ternak Unggas Terbesar di Indonesia”

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *