Faktor Yang Menyebabkan Turun nya Harga Telur Dan Solusinya

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, saat ini harga telur turun ? Kalau boleh tahu apa yang menyebabkan harga telur turun dan bagaimana solusinya dokter ? ( Solikan-Kendal)

Jawab :  Pertanyaan yang bagus. Tidak perlu khawatir dan panik bapak. Siklus ini berlangsung sepanjang tahun tapi sedikit berbeda karena ada pengaruh covid-19.

Penyebabnya adalah penurunan daya beli masyarakat seiring dengan pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah, lantaran Jabodetabek dan Bandung sejak awal tahun ditetapkan sebagai zona merah pandemi Covid-19.

Daya serap yang rendah pada akhirnya membuat stok telur menumpuk, maka pasokan yang berlebih itu pun membuat harga jual telur anjlok.

penyebab harga telur naik turun

Adapun untuk solusi nya sesuai info dari pemerintah adalah Pertama, Pemerintah mengizinkan peternak untuk segera meregenerasi ayam yang sudah tua dan afkir, karena hal tersebut membuat produksi peternak tidak ekonomis dalam pemeliharaannya. Dengan meregenerasi kualitas telur akan meningkat sehingga masa simpan telur bisa lebih lama.

Kedua, Pemerintah meminta  kepada perusahaan Pembibit untuk meningkatkan kualitas bibit ayam (DOC), sehingga DOC yang diproduksi dan dijual ke para peternak memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Sementara DOC yang tidak memenuhi SNI harus dimusnahkan untuk menjaga kualitas dan tidak merugikan para Peternak. Ketiga, peternak harus meningkatkan produktivitas telur agar  efisiensi dan para peternak bisa mendapatkan margin yang lebih baik.

Ketiga, peternak harus meningkatkan produktivitas telur agar  efisiensi dan para peternak bisa mendapatkan margin yang lebih baik.

“Keempat, Peternak dihimbau untuk membangun kebersamaan dengan menguatkan koperasi yang mengarah kebentuk korporasi sesuai kebijakan pemerintah. Dengan begitu diharapkan peternak dapat mampu bersaing, serta memiliki posisi tawar yang lebih kuat ketika membeli DOC dan pakan. Demikian juga untuk memasarkan telur,” katanya.

Pemerintah pun menyarankan agar peternak maupun koperasinya terus membangun jaringan  pasar agar  distribusi telur memiliki opsi lain . “[Peternak] harus mengembangkan pemasaran ke provinsi-provinsi lain yang tingkat kebutuhan  telurnya tinggi.

( Baca Juga : Ayam Petelur Ini Bisa Menghasilkan Produksi Telur 95 % Jaminan, KLIK DI SINI )

Konsultasi GRATIS seputar Peternakan Ayam Petelur bisa di : 

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0819 1300 0295

WhatssApp : 0819 1300 0295

sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20181101/99/855703/ini-4-saran-kementan-untuk-stabilkan-harga-telur

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *