Penyebab Gagalnya Usaha Ayam Petelur : Peternak Wajib Tahu !

DOKTERUNGGAS.COM – Assalamualikum Dokter, Apa penyebab gagalnya usaha ayam petelur ? Terima kasih dokter. (Dari Andik di Sidoarjo )

penyebab kegagalan ternak ayam

Terima kasih atas pertanyaan nya yang bagus pak Andik. Kami coba jelaskan secara singkat ya.

Jadi penyebab peternak gagal dalam beternak ayam petelur adalah :

  1. Tidak memiliki ilmu manajemen pemeliharaan dan Kesehatan ayam petelur ( Gratis Konsultasi dengan Dokter Hewan kami )
  2. Tidak memiliki kemampuan dalam mengelolah keuangan ( Keuangan hasil penjualan telur untuk kebutuhan pribadi )
  3. Salah dalam Mindset atau berpikir soal perhitungan hasil usaha. Kebanyakan peternak pemula berpikir bahwa keuntungan bersih adalah hasil penjualan telur di kurangi pakan ayam. Padahal ada biaya penyusutan kandang atau biaya penyusutan pullet. Alhasil ketika ayam sudah afkir, peternak tidak mampu membeli pullet kembali. Harusnya di sisahkan tiap bulan untuk biaya penyusutan pulletnya. Jadi ketika ayam afkir, peternak mampu membeli pullet kembali.
  4. Lingkungan kandang yang kurang mendukung. Di suatu daerah ada tetangga yang keberatan karena bau kotoran. Akibatnya kandang yang sudah di isi ayam kemudian di tutup oleh warga. Peternak pemula harus memiliki ijin dengan tetangga kanan kiri atau warga sekitar. Di buktikan dengan surat perjanjian yang di tanda tangani oleh warga sekitar kandang. Hal ini di buat untuk menghindari protes warga.
  5. Tergiur mengambil kredit untuk barang konsumtif. Banyak peternak yang mengambil kredit konsumtif seperti mobil baru, handphone baru dll. Padahal modal kredit harusnya untuk pembuatan kandang baru atau pembelian pullet baru.
  6. Sirkulasi kandang yang buruk. Peternak pemula kadang kurang memahami sirkulasi udara di kandang. Kandang di buat tertutup rapat. Akibatnya kesalahan kecil ini bisa menurunkan produksi telur. Kandang yang baik seperti ini KLIK DI SINI
  7. Bibit pullet yang tidak berkualitas. Banyak peternak pemula yang kurang paham mengenai bibit pullet nya berasal dari strain apa, riwayat vaksin nya sudah lengkap atau belum, dari bibit super atau polos, usia ayam yang di manipulasi, dari bibit yang sudah mendapat pengawasan dokter hewan atau tidak dan lain sebagainya. Saran kami carilah bibit strain yang berkualitas dan dari penjual pullet yang berpengalaman.

( Baca Juga : Pullet ini mendapat rekomendasi dan pengawasan dokter hewan yang berpengalaman, KLIK DI SINI )

Silahkan Konsultasikan Bisnis Ayam Petelur anda dengan Dokter Hewan kami :

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0819 1300 0295

WhatssApp : 0819 1300 0295

Semoga bermanfaat ya !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *