Tabel Kebutuhan Ransum Pakan Ayam Petelur Lengkap

DOKTERUNGGAS.COMDokter, Mohon info bagaimana perbandingan ransum antara jagung, dedak dan konsentrat untuk pakan ayam petelur dan jika ada mohon di sertakan tabel lengkap kebutuhan nutrisi ransum pakan ayam petelur ? ( Andi – Boyolali )

Jawab : Pertanyaan yang bagus sekali pak Andi. Memelihara ayam petelur komersial memang bukan perkara yang mudah, bahkan lebih sulit dibanding memelihara ayam pedaging. Selain jangka waktu pemeliharaannya yang lebih lama, manajemennya pun lebih kompleks. Meski demikian, bukan berarti usaha ini tidak menarik untuk dijalani bahkan sangat menguntungkan secara ekonomi jika paham ilmu manajemen nya. Ada beberapa tips dan trik khusus yang bisa diterapkan.

Dari beberapa manajemen pemeliharaan ayam petelur, seperti manajemen perkandangan, ransum, kesehatan, dan lain sebagainya, berikut akan kami bahas mengenai manajemen ransum pakan khusus ayam petelur.

Tidak perlu panjang lebar, berikut kami jelaskan menggunakan tabel agar lebih jelas :

campuran ransum ayam petelur

kebutuhan pakan ayam petelur

Manajemen Pemberian Ransum Secara Umum

Seperti telah dijelaskan di awal bahwa pemeliharaan ayam petelur secara umum dibagi atas 3 periode, yaitu periode starter, grower, dan layer. Di masing-masing periode ini, kebutuhan nutrisi ayam petelur berbeda-beda, terutama dilihat dari kebutuhan energi, protein, kalsium (Ca), serta fosfor (P)-nya seperti tercantum dalam Tabel 1. Untuk itu berikan ransum dengan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan ayam. Jumlahnya pun harus sesuai standar yang ditetapkan oleh pihak breeder. Hal lainnya yang perlu dilakukan ialah:

tabel ransum pakan ayam petelur( Baca Juga : Ayam Petelur ini mendapat ransum pakan yang baik sehingga hasil produksi telurnya 95 %, KLIK DI SINI )

Berikan ransum pada jam yang tetap setiap hari

Untuk ayam periode starter berikan ransum 4–9x dalam sehari secara ad libitum (selalu tersedia), karena pada periode tersebut pertumbuhan sangat cepat dan efisiensi ransum sangat tinggi. Pada periode grower dan finisher frekuensi pemberian ransum menjadi 2-3x dalam sehari dan perlu dipastikan sesuai dengan standar breeder. Pengurangan frekuensi ini dikarenakan pada periode tersebut nafsu makan dan konsumsi ransum tinggi namun pertambahan bobot badannya rendah. Pemberian ransum juga sebaiknya dilakukan saat suhu lingkungan nyaman untuk ayam. Pagi bisa diberikan antara pukul 05.00–07.30, sore antara pukul 14.00-16.00 atau malam antara pukul 18.00–21.00. Selain itu usahakan jumlah yang diberikan di pagi hari 30-40% dan sore sampai malam 60-70%. Yang perlu diingat ialah, berikan ransum pada jam yang tetap setiap harinya. Misalnya ransum diberikan setiap hari 2 kali pukul 07.00 dan 15.00. Pemberian ransum pada jam yang tetap ini bertujuan untuk menghindari ayam stres ketika ransum telat diberikan.

( Baca Juga : Ayam Petelur ini mendapat ransum pakan yang baik sehingga hasil produksi telurnya 95 %, KLIK DI SINI )

Saat pergantian ransum

Pergantian ransum sejatinya berpatokan pada pencapaian target bobot badan ayam, bukan berdasarkan umur ayam. Untuk itu, kunci penentuan kapan waktunya mengganti jenis ransum ialah dengan melihat data monitoring bobot badan. Contohnya jika bobot badan ayam saat umur 4 minggu masih berada di bawah target/standar (dimana seharusnya ransum starter sudah diganti dengan ransum grower), maka pemberian ransum starter sebaiknya diperpanjang sampai bobot badannya mendekati/mencapai standar. Namun jika perbedaan bobot badannya sangat jauh dari standar, maka peternak boleh mengubah formulasi ransum dengan menambah komposisi bahan ransum sumber energi, misalnya dengan menambah porsi jagung. Selain itu, untuk menghindari penurunan konsumsi, hindari pergantian ransum dalam waktu singkat. Lakukan pergantian ransum secara bertahap, yaitu:

  • Hari pertama = 75% ransum lama : 25% ransum baru

  • Hari kedua = 50 % ransum lama : 50% ransum baru

  • Hari ketiga = 25% ransum lama : 75% ransum baru

  • Hari keempat = 100% ransum baru

  • Sebelum dan selama pergantian ransum berikan multivitamin seperti POULTRY GHEA untuk mencegah ayam stres

( Baca Juga : Ayam Petelur ini mendapat ransum pakan yang baik sehingga hasil produksi telurnya 95 %, KLIK DI SINI )

Salam Sukses !

( Baca Juga : Kandang Baterai Ayam Petelur ini agar Produksi telur bisa maksimal, KLIK DI SINI )

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *