Bagaimana Agar Ayam Petelur Bertelur Sesuai Umur Yaitu 18 Minggu ?

DOKTERUNGGAS.COM – Selamat Pagi dokter, Saya Andik di Boyolali. Mau tanya kenapa ayam petelur saya terlambat bertelur ? Padahal umur nya sudah 18 minggu ke atas ? Terima kasih Dokter, Sukses Terus untuk Dokter Unggas. ( Andik-Boyolali)

Jawab :

rahasia sukses ayam petelur

Terima Kasih Bapak. Pertanyaan Bagus sekali. Ada beberapa penyebab kenapa ayam belum bertelur umur 18 minggu ?

  • Kualitas pullet: Pada kasus yang disebabkan oleh kualitas pullet yang kurang baik ditandai dengan ciri-ciri memiliki bobot badan dan keseragaman pullet yang rendah. Keseragaman pullet yang rendah ini dapat mengakibatkan ketidakseragaman awal produksi dan tidak seragamnya ukuran telur yang dihasilkan. Ciri lainnya, terlambatnya masa dewasa kelamin yang menyebabkan awal produksi menjadi terlambat. Adanya pullet yang mempunyai jarak tulang pubis yang sempit juga menjadi ciri tersendiri yang mengakibatkan ayam tersebut menghasilkan telur yang lebih kecil.
  • Bobot badan di bawah standar: Biasanya ayam dengan bobot badan (BB) kurang dari standar ini akan menyebabkan awal produksi telur mundur. Misalnya ayam memiliki BB dibawah standar sebesar 10-15% akan mengalami kemunduran produksi telur selama 4-5 minggu.
  • Kurangnya pencahayaaan atau tidak cukupnya intensitas cahaya: Faktor pencahayaan saat masa pullet berhubungan erat dengan pencapaian bobot, ukuran telur serta kematangan saluran reproduksi. Ayam yang mengalami kekurangan pemberian cahaya secara umum akan mengalami terlambatnya kematangan seksual. Begitupun sebaliknya kelebihan intensitas cahaya juga akan mengakibatkan kematangan seksual terlalu dini.
  • Berasal dari Bibit atau DOC yang kurang baik. Jika DOC atau bibit nya berkualitas atau DOC yang super bukan Polos, bisa di pastikan pullet juga jadinya akan baik. Bibit yang baik itu seperti ini : KLIK DI SINI

Semoga bermanfaat ya !

Salam Sukses.

DokterUnggas.com

 

Sumber : Info medion

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *