Program Pencahayaan Pada Ayam Petelur Agar Produksi Telur Maksimal

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Bagaimana pencahayaan yang idel pada ternak ayam petelur ? Saya pemula dokter. ( Andi- Semarang )

Jawab : Terima kasih Bapak, pertanyaan yang sangat bagus. Memang program pencahayaan ini sangat penting sekali karena banyak sekali peternak yang tidak memperhatikan pencahayaan dengan tepat.

Resikonya adalah produksi telur terlalu dini jika pencahayaan salah, akibatnya adalah produksi telur tidak bisa maksimal.

Pencahayaan pada masa produksi di antaranya berfungsi untuk merangsang nafsu makan, pertumbuhan serta merangsang sekresi hormon Folicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinizing Hormone (LH) yang berperan dalam pembentukan bakal kuning telur dan ovulasi (pelepasan kuning telur).

Atur program pencahayaan. Untuk memperoleh telur dengan ukuran yang optimal, jangan memberi tambahan cahaya pada ayam periode grower sebelum ayam tersebut mencapai berat badan antara 1.550-1.600 g.

Pastikan lampu tersebar merata di seluruh ruangan, sebab distribusi lampu yang tidak merata dapat menyebabkan stimulasi cahaya antar ayam menjadi tidak sama dan berdampak pada produksi telur dalam satu kandang yang tidak seragam.

Pencahayaan dapat digunakan untuk mengatur kapan ayam memasuki masa produksi :

  • Masa starter (0-6 minggu), pada masa ini intensitas pencahayaan memerlukan waktu paling lama, khususnya saat brooding (21-24 jam) dengan intensitas 20-40 lux. Tujuannya agar ayam mengenali tempat ransum dan terstimulasi untuk makan
  • Masa grower (7-18 minggu), pencahayaan diberikan dalam waktu singkat (12 jam/hanya dari cahaya matahari) dengan intensitas 5-10 lux. Tujuannya untuk mengontrol perkembangan organ reproduksi dan mencapai berat badan yang optimal saat mulai berproduksi. Jika pada masa ini diberikan cahaya yang berlebihan akan menyebabkan ayam bertelur dini atau berat badan ayam melebihi standar (memperbesar risiko kejadian prolapsus)
  • Masa layer (>18 minggu-afkir), cahaya diberikan maksimal 16 jam dengan intensitas 10-20 lux. Penambahan lama pencahayaan harus segara dilakukan saat ayam pertama kali bertelur, penambahan berikutnya dilakukan secara bertahap (bertambah ½ jam setiap minggunya terhitung sejak pertama kali bertelur hingga mencapai 16 jam). Hal penting lainnya yaitu jangan mengurangi lama pencahayaan saat ayam berproduksi, terlebih saat masa kritis (umur 18-25 minggu).

Sebagai panduan, berikut lampiran program pencahayaan yang bisa diterapkan di peternakan ayam petelur:

program pencahayaan pada ayam petelur

Simak mitra dokter Unggas di bawah ini, dengan mendapat kualitas ayam petelur yang berkualitas :

Bagi Anda yang ingin sukses ternak ayam petelur, Silahkan Konsultasikan dengan Kami GRATIS Atau KLIK DI SINI

Alamat kantor kami :

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0819 1300 0295

WhatssApp : 0819 1300 0295

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

Sumber : Info Medion

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *