Prospek Peluang Bisnis Beternak Bebek Mojosari Menjanjikan

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Mohon info bagaimana prospek bisnis Bebek Mojosari yang siap telur ? Bagaimana perkandangan nya dan Manajemen penyakit nya apakah sulit ? Terima kasih ( Adi-Solo)

Jawab : Terima kasih bapak, Pertanyaan yang sangat bagus.  Prospek bisnis Beternak Bebek Mojosari sangat menjanjikan bapak. Beternak Itik mojosari bisa menjadi peluang usaha yang menarik. Berbeda dengan itik petelur lainnya, itik mojosari memiliki ukuran telur lebih besar.

Setiap bulan, Peternak pun mampu mendulang omzet hingga ratusan juta rupiah. Bahkan ketika itik tak lagi produktif, harga jual itik ini juga terbilang tinggi.

Itik petelur lokal memiliki beragam asal usul. Itik-itik ini sering disebut sesuai wilayah asal dan sifat morfologis seperti itik alabio, itik tegal, itik bali, itik mojosari, itik magelang, dan itik cirebon.

Di antara banyak jenis itik lokal ini, itik mojosari merupakan salah satu itik lokal petelur unggulan. Dan saat ini yang lagi bagus dan unggulan adalah itik atau Bebek Mojosari.

jual bebek siap telur mojosari murah

Bebek Mojosari

Bebek Mojosari mempunyai beberapa ciri khas yaitu :

  • Mempunyai warna bulu yang agak kemerah-merahan dan variasi hitam kecoklatan
  • Bentuk tubuhnya menyerupai botol dan hampir tegak lurus namun postur tubuhnya agak kecil
  • Mojosari termasuk unggas yang tidak mempunyai sifat mengerami sehingga untuk perkembangabiakannya perlu menggunakan bantuan mesin penetas atau dititipkan pada entok
  • Mempunyai produktivitas telur yang cukup tinggi sekitar 200 – 220 butir telur/ ekor/ tahun
  • Berat telur per butir cukup besar bisa mencapai 65 – 70 gram per butir
  • Warna kulit atau cangkang telur biru kehijauan 
  • Masa bertelur 11 bulan per tahun
  • Mulai bertelur pada umur 6 bulan dan dapat mencapat produksi telur stabil pada umur 7 bulan.
  • Memiliki  3 periode masa produktif telur
  • Setelah memasuki masa afkir (menurunnya masa produksi telur) dapat dijadikan pedaging dengan bobot sekitar 1,7 kg. 
telur bebek mojosari

produktivitas telur yang cukup tinggi sekitar 200 – 220 butir telur/ ekor/ tahun

Pemeliharaan Bebek Petelur Mojosari dengan Sistem Semi Intensif dan Intensif

Beternak bebek masih banyak digemari dan ditekuni oleh sebagian masyarakat. Selain itu harga telur bebek pun juga masih cukup tinggi baik mentah maupun sudah dalam keadaan diolah. Sehingga memiliki peluang yang sangat tinggi serta memiliki potensi sebagai sumber pendapatan bagi peternak kecil yang berada dipedesaan.

Sistem pemeliharaan bebek dikenal sebagai sistem Semi Intensif dan Intensif, dalam sistem pemeliharaan bebek dipedesaan biasanya masih dipelihara secara tradisional atau bisa disebut dengan semi intensif dengan cara digembalakan disawah. Dengan sistem digembalakan disawah tersebut akan mempengaruhi jumlah telur yang dihasilkan. Selain digembalakan disawah pada kandang bebek petelur tersebut juga disediakan halaman tempat bermain dan kolam untuk mandi bebek.

Pemeliharaan yang kedua disebut dengan Sistem Intensif atau disebut dengan ternak bebek petelur modern, dengan sistem pemeliharaan intensif peternak harus benar – benar mengetahui tata cara pemeliharaan yang baik dan benar. Peternak juga harus memlilih jenis bebek unggul, pemberian pakan, pengendalian penyakit, penanganan pascapanen, dan pemasaran. Dengan sistem intensif tersebut biasanya bebek petelur dikandangkan dengan kandang khusus untuk unggas petelur menggunakan kandang bebek petelur baterai. Dengan menggunakan kandang bebek petelur baterai tentunya peternak akan lebih mudah dalam pemanenan telur bebek, pemberian pakan, pengontrolan penyakit dan lain sebagainya. 

kandang bebek petelur bayah mojosari

Kandang Bebek Sistem Intensif Kami Rekomendasikan

Persiapan Perkandangan untuk Bebek Petelur Mojosari

Kandang merupakan faktor utama budidaya bebek, karena kandang berfungsi sebagai rumah tempat berlindungnya dari sengatan panas matahari, hujan dan serangan binatang buas. Dalam pembuatan kandang bebek petelur usahakan agar peternak mencari tempat yang jauh dari keramaian atau pemukiman penduduk serta mudahnya akses jalan untuk transportasi.

Jenis – jenis kandang bebek petelur untuk pemeliharaan bibit masa strater hingga finisher antara lain sebagai berikut :

1.Kandang Boks ( Khusus DOD atau Bibit Mulai Umur Sehari )

Kandang boks merupakan kandang bebek yang berbentuk kotak dengan ukuran kandang 1m x 2m. Pembuatan kandang tersebut terbuat dari kayu, bambu, papan, triplek, kardus, kawat ram dan sebagainya. Kandang boks tersebut digunakan untuk dod bebek usia 1 hingga 14 hari. Selama masa pemeliharaan tersebut DOD bebek membutuhkan tempat yang hangat dan nyaman.

Selama di dalam kandang dod bebek akan merasa hangat karena di dalam kandang boks disediakan lampu. Dengan lampur tersbut dod bebek akan selalu dalam keadaan hangat. Karena jika tidak diberikan lampu penghangat maka dod bebek akan mengalami kedinginan dan akhirnya akan mati. 

kandang bebek

 

2.Kandang Ren

Tipe ren digunakan untuk pembesaran bebek atau pemeliharaan indukan bebek. Pada lantai kandang ren dilapisi dengan litter, litter tersebut dapat berupa jerami, sekam padi atau bahan lain yang bersifat empuk dan mudah didapatkan. Pembuatan luas atau ukuran kandang ren disesuaikan dengan kepadatan / banyaknya bebek dalam kandang.

kandang bebek new

Pembuatan kandang bebek petelur dibagi menjadi dua bagian, pertama tempat untuk berteduh, istirahat dan bertelur. Kedua tempat untuk bermain, makan, dan minum, peternak dapat juga membuat kolam untuk mandi bebek.

3. Kandang Baterai ( Tidak Kami Rekomendasikan)

Kandang baterai juga dapat digunakan sebagai kandang pembesaran atau indukan bebek pedaging dan indukan petelur. Pada setiap kandang bebek petelur baterai dapat dihuni satu hingga lima ekor bebek dewasa. Ukuran kandang tersebut antara 50 cm x 50cm x 45 cm. Untuk ukuran lima ekor bebek kandang baterai harus diperluas agar bebek merasa nyaman dan tidak berdesak – desakan. Bahan pembuatan kandang baterai dapat terbuat dari bilah bambu dan kawat.

4.Kandang Postal (Kami Rekomendasikan)

Bahan pembuatan dari kandang postal dapat berupa bambu atau kawat ram. Dalam penggunaannya kandang bebek petelur postal dihuni lebih dari satu ekor bebek dan populasinya mencapai ratusan hingga ribuan ekor tergantung pada luas suatu kandang. Untuk ketinggian kadang peternak dapat membuat dengan ketinggian 1 – 1,5 meter, tujuannya adalah agar peternak mudah dalam melakukan pemanenan telur bebek dan pemberian pakan. Kandang postal tersebut sangat cocok untuk bebek usia grower, untuk pakan dan minum disediakan di dalam kandang.

jual bebek dod petelur

5. Kandang Ranch

Tipe kandang ranch hampir memiliki kesamaan dengan kandang postal. Pada halaman kandang peternak dapat menyediakan tempat bermain untuk bebek dengan pembuatan kolam kecil. Tipe kandang bebek petelur ranch tersebut juga sangat cocok untuk pemeliharaan hewan ternak bebek petelur.

kandang bebek terbaru

Kualitas Pakan Memiliki Pengaruh Tinggi dalam Pembudidayaan Bebek Petelur Mojosari

Kualitas pakan dan pemberian pakan yang rutin merupakan kunci keberhasilan peternak dalam pembudidayaan Bebek Petelur Mojosari. Pakan merupakan komponen terbesar dari seluruh biaya produksi berkisar 60 – 80. Dalam penggunaannya tentu peternak sudah mengetahui bahan pakan pabrik berupa konsentrat dan bahan pakan alternatif penganti konsetrat pabrik.

Selain menggunakan bahan alami sebagai penganti konsetrat, peternak juga dapat mencampurkan pakan bebek petelur konsentrat tersebut dengan bahan pakan alami agar tidak mengurangi kualitas pakan yang diberikan pada bebek Petelur. Konsetrat tersebut biasanya dicampurkan dengan dedak/jagung. Dalam pemberian pakan bebek petelur tersebut, peternak juga harus selalu memperhatikan gizi yang terkandung didalam pakan tersebut.

Pemberian pakan bebek petelur dapat dilakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari atau terus menerus disediakan dalam wadah pakan dan usahakan agar pakan tidak mudah berjamur. Jika pakan berjamur segera ganti dengan yang baru. Untuk mempermudah peternak dalam melakukan pengitungan modal, biasanya peternak mulai Dengan begitu jumlah biaya yang dikeluarkan oleh peternak dapat terhitung dengan baik. 

Untuk pakan bebek petelur alternatif atau rasum peternak dapat memberikan berupa :

Tepung ikan Bekicot segar
Bungkil kedelai Ampas tahu
Bungkil kelapa Cangkang udang
Tepung daun lamtoro Bungkil inti sawit
Sorgum Onggok singkong/Gaplek

Kesehatan Bebek Dan Pengobatannya

Jika ada bebek anda yang sakit, silahkan konsultasikan dengan kami, kami tim DokterUnggas.com ada dokter hewan yang kompeten. Konsultasi mitra kepada kami Gratis tanpa biaya. Dan ada pencegahan vitamin agar bebek anda tidak sakit.

Dokter Unggas juga memberikan Jaminan Kematian dan Kesehatan selama 1 Minggu. Jika ada bebek yang mati akan di ganti dan jika ada bebek yang sakit, akan di kirim obat gratis selama masa garansi.

Dokter Unggas jual bebek siap telur mojosari

Kesehatan Unggas atau Bebek Anda Terjamin Oleh Dokter Unggas

Jika anda membutuhkan Bibit Bebek Siap Telur Mojosari atau DOD, kami siap support membantu Peternak Di Seluruh Indonesia, Info Dan Pemesanan Silahkan Hubungi ke :

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Admin ) Handphone : 0856 0783 6410
WhatssApp : 0856 0783 6410
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Pak Hasan ( Staff Gudang/Manager Peternakan) Handphone : 0819 1300 0295

WhatssApp : 0819 1300 0295

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *