Cara Beternak Ayam Petelur Dari DOC Ayam Bagi Pemula

DOKTERUNGGAS.COMDokter, Saya ingin beternak ayam Petelur tapi memulai dari DOC atau bibit umur 1 hari. Bagaimana menurut dokter ? dan mohon di berikan tips cara bagi pemula seperti saya. ( Ali-Lamongan)

Jawab :

Baik Pak Ali, pertanyaan yang sangat bagus. Beternak dari DOC bisa saja, memang beternak dari DOC lebih rumit, jika ingin mudah bisa langsung dari Pullet Siap Telur. Pullet Siap telur rekomendasi yang baik dan sertifikasi Dokter Hewan, KLIK DI SINI.

Tapi jika memang sudah mantap memilih dari DOC, Kami berikan cara atau tahap persiapan nya ya :

jual doc ayam petelur murah

DOC Bibit Ayam Umur Sehari

Berikan larutan gula merah

Cara merawat DOC ayam petelur yang pertama adalah berikanlah larutan gula merah, terutama jika sehabis menempuh perjalanan yang jauh dan lama. Cairan gula ini juga berfungsi untuk membuat DOC ayam menjadi lebih berenergi.

Kandang yang tepat

Untuk membuat DOC ayam merasa aman dan nyaman, penting untuk memberikan kandang yang tepat. Kandang DOC ini berbeda dengan ayam periode grower ataupun layer. Kandang DOC harus tertutup dan berikan sedikit ventilasi udara. Jika sistemnya terbuka seperti kandang layer ataupun grower, DOC tersebut akan mudah terkena virus, bakteri, dan mengalami kembung.

Di dalam kandang DOC tersebut juga harus ada cahaya lampu yang memudahkan DOC untuk melihat saat malam hari. Selain itu, tambahkan brooder atau penghangat karena DOC belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik.

Pakan yang tepat

DOC ayam layer atau petelur harus diberikan pakan yang tepat supaya bisa bertahan hidup ke periode selanjutnya bahkan sampai periode layer. Pakan yang tepat adalah yang mengandung protein yang tinggi. Selain itu, cukupilah kebutuhan nutrisi lainnya seperti lemak, fosfor, kalsium, dan lainnya. Tekstur pakan DOC ini pun berbeda dengan ayam yang periodenya grower ataupun layer karena DOC hanya bisa menerima pakan dengan tekstur yang lembut.

jual doc ayam petelur murah sekali 2020

DOC Ayam Petelur

Vaksin

DOC ayam petelur memiliki sistem imun yang lemah sehingga membutuhkan vaksin untuk membuat tumbuh dan kembangnya menjadi seperti yang diharapkan. DOC ayam petelur atau layer ini berbeda dengan ayam kampung yang mana memiliki sistem imun yang tinggi.

DOC ayam layer akan mudah sekali terkena penyakit mulai dari yang ringan sampai yang mematikan. Oleh karena itu, vaksin yang diberikan harus lengkap. Jika sudah terkena penyakit, penularan dari satu ayam ke ayam lainnya ini sangat mudah sekali sehingga peternak akan kesusahan dalam menanggulanginya. Dengan demikian, mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Vitamin

Pemberian vitamin juga penting dilakukan supaya sistem imun yang dimiliki DOC stabil. Fungsi lainnya untuk membuat nafsu makan DOC menjadi lebih stabil, juga membuat DOC menjadi lebih berenergi dan lincah.

Minuman yang cukup Untuk tumbuh dan kembang DOC, berikanlah minuman yang cukup. Jangan memberikan DOC minuman yang berlebihan atau kurang. Sebab, keseimbangan cairan pada DOC harus dijaga dengan baik. Hal itu dikarenakan jika terlalu banyak cairan di dalam tubuhnya akan membuat DOC ayam petelur mengalami flu dan kembung. Selain itu, cairan yang berlebihan akan menyebabkan kotoran ayam menjadi cair dan lembek sehingga kandang menjadi berbau.

( Baca Juga : Cara Memilih DOC Ayam Petelur Yang Baik Dan Produksi Optimal, KLIK DI SINI )

Semoga Sukses !

Salam

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *