Robot Di Peternakan Ayam : Peternak Wajib Tahu !

DOKTERUNGGAS.COM – Saat ini kita memasuki era digitalisasi industri peternakan unggas 4.0. Siapa yang tidak akan mengikuti perubahan, maka dia akan punah. Industri Peternakan Ayam indonesia sudah ketinggalan jauh dengan negeri tetangga.

Tujuan adanya teknologi digital adalah untuk membuat efisien di produksi, untuk memudahkan peternak. Sehingga dengan adanya efisiensi, keuntungan peternak akan bisa maksimal.

robot peternakan ayam

Robot Di Peternakan Ayam Petelur Memudahkan Peternak

zaman industri 4.0 ini intinya adalah bagaimana implementasi dari Internet of Things atau IoT, di mana internet ini bisa menghubungkan banyak benda. Selain itu, perkembangan teknologi digitalisasi juga sudah banyak digunakan di negara lain, seperti teknologi drone, 3D printing, augmented reality, virtual reality, robotik, blockchain, serta artificial intelligence.

Berjalannya tren seperti sekarang ini yaitu industri 4.0, kecerdasan buatan sudah digunakan di semua bidang, termasuk di pertanian dan perunggasan.

“Katakanlah kita berbicara suhu ayam di kandang, kandangnya lokasinya jauh dari kita, namun kita bisa baca suhu itu saat ini. Setelah dikontrol, terlalu panas misalnya, maka bisa kita dinginkan dengan pencet tombol saja, dan alat sensor yang di kandang dia bisa langsung menurunkan sendiri, tanpa kita harus ke sana, ini salah satu yang dimaksud kecerdasan buatan.

Ketika lebih detail dijabarkan, kecerdasan buatan dapat memberikan rekomendasi kepada manusia bahkan bisa melakukannya sendiri. “Kecerdasan buatan itu terdapat intelijensi di dalam alat. Misal kalau di kandang suhu sekian, tekanan sekian, nanti alat itu yang akan merekomendasikan ke kita harus melakukan apa. Sekarang lebih canggih lagi bahwa alat itu nanti bisa melakukannya sendiri. Semua ini di luar negeri sudah pakai, hal ini dilakukan untuk mencari efisiensi dan kecepatan,”

Contoh Penerapan teknologi digital untuk perunggasan, salah satunya yaitu teknologi drone yang banyak digunakan oleh negara-negara yang sudah menggunakan sistem cage free. Menurutnya, dengan menggunakan drone, pemilik atau para pekerja di kandang bisa melakukan pengawasan kondisi ayam mereka.

Hal yang lain yang juga sudah diterapkan di dunia perunggasan adalah 3D printing. Menurutnya, penggunaan 3D printing manakala ada sebuah kasus misalnya ketika ada kaki ayam yang patah, dengan 3D printing ini bisa dibuat kaki buatan yang mirip dengan kaki aslinya.

Teknologi digital lainnya yang bisa diterapkan di perunggasan adalah teknologi augmented reality dan virtual reality. Augmented reality jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi realitas berimbuh. Augmented reality ini bisa melihat apa yang mata manusia tidak bisa lihat, cara kerjanya yaitu melihat dari spektrum cahaya.

Selain itu juga, sudah ada alat yang digunakan untuk menimbang berat badan secara otomatis. Alat itu ditanam di dalam tanah, sehingga berat badan ayam dengan mudah bisa terbaca. Terdapat juga alat yang disebut chicken translator, di mana alat ini bisa mendeteksi suara ayam untuk melihat apa yang tidak pas dari kondisi mereka, misalnya brooder yang kurang pas atau penggunaan kipas yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.

Mengenai penggunaan robotik, sudah ada yang menggunakan robotik ini dalam peternakan di Jawa. Penggunaan robot kecil yang dimasukkan ke kandang untuk mendeteksi kadar ammonia, mendeteksi suhu dan kecepatan angin. Sedangkan untuk blockchain digunakan untuk memonitoring rantai pasok dan ketertelusuran (traceability) atau mulai dari ayam di kandang sampai dengan ayam itu di tangan konsumen.

Nah Pertanyaan nya, Sudah siap kah Sahabat Peternak Unggas Binaan Mitra DokterUnggas.com Di seluruh Indonesia ? Siap tidak siap kita harus siap, jika kita tidak berubah maka kita akan punah.

( Baca Juga : Pullet Ayam Petelur Ini Produksi Telurnya Tertinggi Di Indonesia, Bagaimana Caranya ? KLIK DI SINI )

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *