Beberapa Hal Yang Membuat Kerugian Peternak Saat Panen Dan Solusinya

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya Peternak Ayam Pemula. Mohon informasi bagaimana cara menghadapi kecurangan yang di lakukan oleh pihak pihak terkait pada saat ayam panen, Dan Bagaimana solusi untuk mengatasinya ? Terima Kasih Dokter, Semoga Sehat Selalu. ( Alex – Probolinggo)

Jawab : Terima Kasih Bapak Pertanyaan nya bagus sekali. Baik akan kami jelaskan, sebenarnya ini masalah klasik yang di alami Peternak. Kami kasih contoh sedikit kecurangan untuk Populasi ayam 45.000 Ekor berikut ini :

    1. Selama pemeliharaan dengan populasi 45.000 per kandang membutuhkan pakan sekitar 130 sampai 136 ton pakan, jika kepala kandang dan crew tidak jujur bisa saja dicuri 1 sampai 2 ton. Bagi peternak pemula akan sulit mendeteksi kehilangan itu karena kepala kandang dan anak kandang akan berlindung di kualitas pakan atau bibit jelek sehingga pertumbuhan tidak bagus.
    2. Dengan populasi 45.000 untuk menjual ayam sampai 1000 ekor sangat mudah biasanya berlindung di mortalias/kematian, sekali lagi mereka bilang bibitnya tidak bagus dan mortalitas atau kematian tinggi, 1000 ekor hanya 2,22222222%, jika real kematian hanya 2 % dan ditambah pencurian 2,2222% maka masih nampak wajar 4 ,2 % kematian, biasanya standar kematian sampai umur 5 minggu sekitar 5%.
    3. Timbangan ketika panen, beberapa sopir truk panen ( tidak semua) kongkalikong dengan tukang timbang, misal 2 kali timbangan tidak dicatat dalam lembar panen kemudian sopir bayar 1 juta rupiah untuk sekitar 40 sampai 50 kg ayam per timbangan.

 

rugi dalam ternak ayam

Nah Bagaimana Solusi nya untuk menghadapi Masalah atau meminimalisir kecurian di Kandang, Berikut ini bisa bapak lakukan adalah :

  1. Pasang kamera CCTV, Harga terjangkau saja.
  2. Pekerjakan saudara sebagai kepala kandang dan jika orang lain pilih yang jujur dan berikan gaji tinggi.
  3. Karung pakan kita kasih nomer urut dan harus setor ke kantor karung kosong dengan nomer urut sesuai pemakaian.
  4. Tukang timbang pakai saudara juga atau orang lain yang jujur dan dua orang agar meminimalisir korupsi.

Semua itu upaya yang kita lakukan agar tidak terjadi kecurian lagi, mungkin kalau kita kebocoran 1 kali tidak masalah, bagaimana kalau kebocoran itu beberapa kali ? pasti kita sebagai peternak yang rugi.

Dengan melakukan usaha tersebut, keuntungan bisa lebih banyak kita raih dan kerugian bisa kita cegah.

Semoga Bermanfaat ya.. Silahkan Share

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

Situs Dunia Peternakan Ayam Terbesar Di Indonesia

 

Sumber : Drh. Teguh

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *