Saran Profesor Untuk Selamatkan Peternak Ayam Broiler

DOKTERUNGGAS.COM – Fenomena harga anjlok ayam broiler banyak mengundang respon dari berbagai pihak, terutama dari kalangan akademisi. Berikut saran Dari Profesor UGM untuk selamatkan Peternak Ayam Broiler.

“Kami dari Kampus Bulaksumur Yogyakarta menyerukan untuk dilakukan penyelamatan peternak dan pelaku industri peternakan ayam broiler melalui langkah konkret dan urgent,” kata Profesor Ali dalam konferensi pers di Fakultas Peternakan UGM

fakultas peternakan UGM dekan

Profesor Ali

Langkah Pertama, untuk penyelamatan peternak ayam, kata Ali, bisa dilakukan dengan mengendalikan dan menjaga keseimbangan supply-demand daging ayam broiler. Caranya dengan mengurangi stock produksi bibit (DOC) secara transparan dan terukur.

Langkah Kedua, Pemerintah (harus) segera menetapkan harga acuan atas dan harga acuan bawah baik untuk DOC, pakan, live bird maupun karkas. Sehingga setiap pelaku usaha baik yang di hulu maupun yang di hilir memiliki ruang yang fair dan adil,” tuturnya.

“Harga acuan tersebut secara reguler (juga harus) dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan keadaan,” sambungnya.

Langkah Ketiga, Pemerintah harus menjaga dan meningkatkan proporsi usaha di sektor budidaya, sehingga memungkinkan peternak ayam broiler di sektor budidaya mampu mempertahankan usahanya.

Langkah Keempat, Pemerintah perlu membantu memfasilitasi peternak atau pelaku usaha peternakan untuk memiliki usaha pemotongan (RPA/RPU) dan gudang penyimpanan, disamping untuk infrastruktur perkandangan yang lebih memadai,” sebutnya.

( Baca Juga : 5 Hal Yang Membuat Peternak Ayam Bangkrut, KLIK DI SINI )

Langkah Kelima, dalam jangka menengah dan panjang (perlu) restrukturisasi industri perunggasan yang efisien, berkeadilan, dan memberikan ruang bagi pemerataan akses berusaha perlu segera dipikirkan secara komprehensif demi menjamin kepastian usaha,” tutupnya.

Opsi Alternatif Lain
Menurut Ali, sebenernya masih ada opsi yang bisa dilakukan peternak ketimbang membagi-bagikan ayamnya secara gratis ke masyarakat. Salah satunya dengan menyimpan daging ayam di gudang penyimpanan (cold storage).

“Kalau bisa (disimpan) di cold storage atau penyimpanan, atau mencari gudang-gudang mesin pendingin yang itu paling tidak bisa mengurangi biaya pemeliharaan (ayam broiler),” jelasnya.

Jika tak memiliki cold storage, kata Ali, peternak ayam bisa bekerjasama dengan pihak-pihak lainnya yang memiliki usaha pemotongan ayam (RPA) sekaligus cold storage. Namun Ali menyadari opsi ini tak mudah direalisasikan.

“Peternak-peternak ini kan ‘lemah’, dia networknya terbatas, modalnya pun juga terbatas, sehingga perlunya network itu hampir mutlak. Makanya saya menyarankan peternak-peternak itu sering kumpul,” sebutnya.

“Kalau perlu tak fasilitasi nggak apa-apa, dijadikan sekretariat Fakultas Peternakan UGM siap. (Fakultas Peternakan UGM siap) menjadi alamat sekretariatnya asosiasi peternak ayam broiler misalnya,” pungkas Ali

Semoga Bermanfaat ya !

Salam,

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *